A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

BPK Periksa Anggaran Akmil Magelang - Tribun Jateng
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 1 Agustus 2014
Tribun Jateng

BPK Periksa Anggaran Akmil Magelang

Rabu, 3 Agustus 2011 08:30 WIB
BPK Periksa Anggaran Akmil Magelang
Laporan Wartawan Tribun Jogya/   M Huda

TRIBUNJATENG.COM MAGELANG - Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dipimpin Joni Setiawan telah melakukan pemeriksaan pelaksanaan program kerja dan anggaran Akademi Militer (Akmil) Magelang sekitar satu bulan. Hasilnya, didapati beberapa temuan kekurangan dan kesalahan yang perlu diperbaiki.

Pemeriksaan tim BPK itu diungkapkan sendiri oleh pihak Akmil Magelang. Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Bachtiar, dalam acara Taklimat Akhir di Ruang Rapat Subiyakto Akmil, mengatakan, tim BPK telah berada di Akmil untuk melaksanakan tugasnya memeriksa pelaksanaan program kerja dan anggaran Akmil. Selama kurang lebih satu bulan, tim menemukan beberapa temuan, kekurangan, dan kesalahan-kesalahan.

 “Kami menerimanya semua itu sebagai masukan yang sangat berharga atau lesson learnt bagi Akademi Militer. Selanjutnya, kami harus segera menindaklanjuti, agar tertib administrasi dan reformasi birokrasi di Akademi Militer dapat dijalankan dengan baik,” ujarnya, Selasa (2/8) kemarin.

Bachtiar menyatakan, dengan mengetahui hasil temuan-temuan tersebut, khususnya saran dan solusi yang diberikan oleh tim BPK, pihaknya berharap setiap elemen di Akmil bertekad melaksanakannya. Saran dan solusi itu harus dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen. Sehingga Akmil dapat mewujudkan laporan keuangannya dengan opini indisclaimer (wajar tanpa pengecualian).

“Laporan keuangan dengan opini wajar tanpa pengecualian itu, tentu adalah merupakan idaman atau cita-cita semua elemen yang bertugas di lembaga pendidikan perwira ini,” katanya.

Sehubungan dengan hasil pemeriksaan BPK ini, pihaknya juga mengajak setiap elemen di Akmil bertekad melakukan introspeksi diri secara total. Dan melakukan perubahan secara fundamental baik dari segi pengelola anggaran, maupun dari segi kultur ataupun code of conduct. Sehingga administrasi laporan keuangan nantinya betul-betul dilaksanakan secara transparan dan dapat  dipertanggungjawabkan.

“Seluruh Komandan dan Kepala Satuan di lingkungan Akademi Militer, yang telah mendapatkan atensi dan masukan tentang kekurangan-kekurangan yang ada, segera menindaklanjutinya. Lakukan koordinasi, pembenahan dan perbaikan, sesuai dengan sistem dan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Penilaian dari tim BPK secara umum menilai Akmil relatif tertib dalam pelaksanaan program kerja dan administrasi anggaran. Namun, tim BPK mengharapkan tugas dan target Akmil ke depan opini wajar tanpa tengecualian, antaralain laporannya dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi, hukum dan substansi.

 

Tim BPK juga menyarankan kepala lembaga-lembaga militer khususnya Akmil, supaya mempunyai personil dengan  latar belakang pendidikan Akuntansi. Hal tersebut agar laporan administrasinya lebih tertib lagi.
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas