Senin, 24 November 2014
Tribun Jateng

Kejari Yogya Minta Audit Dana BKM

Jumat, 5 Agustus 2011 07:45 WIB

Kejari Yogya  Minta Audit  Dana  BKM
Laporan Wartawan Tribun Yogya/  Iwan  Al  Ikhsani

TRIBUNJATENG.COM  YOGYA,  - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Yogyakarta melalui Kejaksaan Tinggi DI Yogyakarta sudah melayangkan permohonan audit dana pada dua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) ke Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Kejaksaan berharap BPKP memprioritas audit dana BKM sebesar RP 500 juta dan Rp 250 Juta yang diduga diselewengkan oleh pengurus.

"Penyelesaian kasus tergantung dari audit yang dilakukan oleh BPKP. Jika dapat diselesaikan dengan cepat maka kasusnya akan segera dibawa ke Pengadilan,"kata Kejari Kota Yogyakarta, Kardi SH, Kamis (4/8/2011).

Masalah yang kerap ditemui ketika audit, kata Kardi, BPKB tidak hanya menangani satu kasus saja hingga harus sesuai dengan urutan yang sudah diajukan jauh hari sebelumnya. "Apalagi beberapa penyidik Kejari akan pindah. Jika tidak diselesaikan akan sedikit menghambat,"ujarnya.

Dugaan penyelewengan dana hibah sebesar Rp 500 juta Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) “Bina Klitren Mandiri”, Gondokusuman dan BKM Penjogo Amanah, Gowongan, Yogyakarta sebesar Rp 250 juta beberapa tahun lalu.

"Surat pemeriksaan terhadap tiga orang yang diduga terlibat sudah dimasukkan pada satu berkas, mereka yaitu Nuri Susatya, Agus Suryadi dan Nugroho Swasto,"ungkap Kardi.

Sebelumnya, surat permohonan yang dikirimkan ke Kejati beberapa waktu lalu sudah ditanggapi. Per tanggal dua Agustus surat permohonan audit dikirimkan ke BPKP untuk diproses.

Kejari hanya tingga menunggu proses dari audit dari BPKP untuk dua kasus tersebut. Setelanjutnya, jika sudah mendapatkan data audit, tersangka yang diketahui sebanyak tiga orang segera ditindak lanjuti.

Temuan Kejari ada dana sebesar Rp 500 juta yang dikelola oleh BKM Bina
Klitren Mandiri hilang tanpa laporan yang jelas. Juga BKM penjogo
Amanah, padahal dana itu, dipinjamkan kepada ratusan warga sebagai bantuan modal usaha. (Iwe)

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas