• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Jateng

Abah Usulkan Bahasa Sunda Jadi Mulok di Cilacap Barat

Senin, 8 Agustus 2011 07:21 WIB
Abah Usulkan Bahasa Sunda Jadi Mulok di Cilacap Barat
TRIBUNJATENG.COM CILACAP, – Abah Endom merasa prihatin. Anak-anak di Distrik Majenang, Cilacap kurang memahami sopan santun dalam bertutur bahasa Sunda.

"Bahasa Ibu mereka Bahasa Sunda tapi di sekolah tidak diajarkan. Yang diajarkan justru Bahasa Jawa," kata pria yang memiliki nama lengkap Endom Kustomo, Minggu (7/8/2011) sore.

Pria penggiat Komunitas Dayeuhluhur on Facebook (DoF) itu merasa anak-anak jauh dari budaya dan bahasa Sunda. Untuk itu, bersama anggota Aliansi Masyarakat Dayeuhluhur (AMD) mengirimkan surat ke Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Cilacap pekan lalu.

Surat yang juga didukung oleh Camat Dayeuhluhur, Agus Supriyanto itu meminta agar pemerintah kabupaten menambahkan bahasa Sunda sebagai muatan lokal di sekolah. Usulan itu menyontohkan Propinsi Jawa Barat yang memerbolehkan Kabupaten Cirebon menjadikan Bahasa Cirebon sebagai muatan lokal.

"Kami berharap Pemprov Jateng bisa mengijinkan agar Bahasa Sunda jadi muatan lokal di Distrik Majenang," lanjutnya.

Distrik Majenang terdiri dari lima kecamatan yang berada di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat. Kecamatan yang berada di wilayah Cilacap barat itu adalah Kecamatan Cimanggu,Karangpucung,Majenang, Wanareja, dan Dayeuhluhur. Karena berada di daerah perbatasan, warga banyak yang berbahasa Sunda.

Ketua Aliansi Masyarakat Dayeuhluhur (AMD), Carsa Han’s dalam suratnya meminta agar Disdikpora Kabupaten Cilacap dapat melaksanakan amanat Undang-undang No. 24 Tahun 2009, khususnya yang berkaitan dengan Pasal 42.

Bunyi pasal 42 menyebutkan Pemerintah daerah wajib mengembangkan, membina, dan melindungi bahasa dan sastra daerah agar tetap memenuhi kedudukan dan fungsinya dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan perkembangan zaman dan agar tetap menjadi bagian dari kekayaan budaya.
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
5312 articles 92 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas