Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jateng

Jembatan Sakalibel Baru Diresmikan Hari Ini

Selasa, 8 November 2011 05:43 WIB

Jembatan Sakalibel Baru Diresmikan Hari Ini
Jalur KA Semarang -Surabaya terapkan sistim layang
Laporan Wartawan Tribun Yogya/ Hanan Wiyoko

TRIBUNJATENG.COM PURWOKERTO,  - Jembatan kereta api baru pengganti jembatan Sakalibel yang terletak di km 313+434 antara Bumiayu - Kretek telah selesai dikerjakan dan siap diuji coba untuk dilalui kereta api. Uji coba jembatan baru sepanjang 280 meter yang dibangun menggunakan kontruksi beton dengan system balanced cantilever tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada Selasa (8/11/2011).

Uji coba direncanakan menggunakan satu rangkaian kereta api luar biasa (KLB) pengangkut balas dengan dua buah lokomtif pada pukul 09.00. Disamping pengujian kondisi track dan jembatan, uji coba ini juga sekaligus dilaksanakan terhadap system persinyalan yang ada pada jalur baru tersebut.

"Pengujian jembatan meliputi pembebanan dan kecepatan kereta yang melintas, dilakukan secara bertahap," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Surono.

Ia menambahkan pembangunan jembatan dilakukan dengan sistem balanced cantilever yang pertama kali digunakan dalam pembangunan jembatan kereta api sejak April 2010 oleh PT Wijaya Karya.

"Jembatan baru berdiri diatas 6 tiang penyangga yang menggantikan jembatan lama kontruksi baja dengan 15 pilar," kata Surono menjelaskan fisik bangunan jembatan.

Ujicoba tersebut merupakan rencana pendahuluan sebelum pengoperasian jalur ganda petak jalan Bumiayu - Kretek sepanjang 6,7 kilometer pada 1 Desember mendatang. Sedangkan untuk petak jalan  Bumiayu - Linggapura - Prupuk sepanjang 18,6 kilometer akan mulai dioperasikan pada Selasa (29/11). Pengoperasian jalur tersebut sebelumnya direncanakan 27 September lalu, namun karena penyelesaian persinyalan pengoperasian tersebut diundur.

"Nantinya lintas Purwokerto-Prupuk sepanjang 56 kilometer sudah dilalui jalur ganda. Jarak tempuh menjadi lebih pendek sekitar 15 menit," jelas Surono. 

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas