Hari Ini Mari Elka Pangestu Resmikan Candi Sojiwan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, akan meresmikan Candi Sojiwan

Hari Ini  Mari Elka  Pangestu   Resmikan  Candi Sojiwan
Laporan Wartawan Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyant

TRIBUNJATENG.COM  KLATEN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, akan meresmikan Candi Sojiwan yang berada di Dukuh Kalongan Desa Kebondalem Kidul Kecamatan Prambanan, Jumat (16/12/2011). Candi yang memerlukan waktu 16 tahun untuk purna pugar itu membutuhkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 8.274.263.000.

“Besok akan dilakukan peresmian Candi Sojiwan oleh Menparekraf yang awalnya direncanakan pada akhir November. Sebenarnya pada 2006, pemugaran  candi telah mencapai bagian tubuh candi yang memiliki tinggi 27,5 meter2 ini. Namun gempa yang melanda Jogja-Klaten pada tahun 2006 menjadikan candi yang telah dipugar rubuh. Pemugaraan pun dilakukan kembali dan sekarang telah selesai," ucap Kapokja Pemugaran BP3 Jateng, Sudarno, Klaten, Kamis (15/12/2011).

Selain itu, Menparekraf juga akan meresmikan selesainya pembangunan kios pedagang di Candi Prambanan. Pasar seni yang menghabiskan anggaran Rp 7 miliar tersebut memiliki sekitar 123 kios untuk pedagang makanan dan pakaian serta 400 lapak untuk souvenir.

“Dananya berasal dari PT Taman Wisata sendiri dan mulai ditempati pedagang sejak libur lebaran September lalu. Peresmiannya akan dilakukan besok bersama dengan Candi Sojiwan di TWC Prambanan” tutur Dirut PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko (TWCPBRB) Purnomo Siswoprasetjo.

Mari Elka, rencananya akan didampingi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti. Mereka juga akan meresmikan purna pugar Candi Ijo di Desa Sambirejo dan Candi Barong di Dusun Candisari, Desa Bogoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, DIY.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help