Minggu, 23 November 2014
Tribun Jateng

Jokowi Gerak Cepat Kembangkan Bisnis Mobil Esmka

Jumat, 6 Januari 2012 13:44 WIB

Jokowi Gerak Cepat Kembangkan  Bisnis Mobil Esmka
Laporan  Reporter Tribun Jogya/ Ade Rizal

TRIBUNJATENG.COM SOLO
- Wali Kota Solo, Joko Widodo bergerak cepat dalam mengembangkan perencanaan bisnis mobil Esemka. Pada hari Jumat (06/01/2012), pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berinisatif mengumpulkan pihak-pihak yang terkait dengan produksi mobil tersebut untuk membahas proses uji emisi. Bahkan, pada Senin (09/01/2012) pihaknya akan kembali menggelar rapat untuk merancang bussines plan dari mobil Esemka.

Dirinya berharap, pihak pengembang mobil Esemka dapat segera mencari investor untuk industri mobil nasional. Namun dirinya menekankan akan lebih mengutamakan investor lokal. Bahkan dirinya mengaku siap menjadi investor jika tidak ada investor lokal yang tertarik. "Senin kita bahas bisnis plan. Jadi bisa segera mencari investor. Saya utamakan investor lokal. Kalau nggak ada, Jokowi," tegasnya saat ditemui Tribun Jogja di Solo Technopark, Jumat (06/01/2012).

Namun, dirinya mengaku sudah menerima penawaran dari sejumlah calon investor. Jokowi juga menekankan dirinya secara pribadi juga siap membantu pemasaran mobil lokal tersebut, jika nantinya sudah menjadi industri. "Brand ambassadornya kan saya, saya ini sales-nya," candanya.

Dalam perencanaannya, pola kemitraan akan dibangun dengan melibatkan home industri. Pihaknya akan menyusun pola yang terintegrasi antara swasta, home industri, Solo Technopark dan pihak SMK. "Nanti dari SMK akan didukung Dikmenjur, Pemkot akan menunjang melalui Solo Technopark, nanti Kementerian Perindustrian akan mensuplai alat-alat lagi," lanjutnya.

Jokowi mempersilakan pengembangan mobil lokal tersebut menggunakan ruangan di Solo Technopark. Rencananya pada tahun 2012 mendatang, akan dibangun satu ruangan dengan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 10 Miliar. Sedianya ruangan tersebut akan digunakan untuk ruang trade center, namun dirinya mempersilakan untuk digunakan sebagai ruang perakitan.

Diakui Jokowi, untuk merakit mobil memang dibutuhkan ruangan yang luas dan ruangan yang akan dibangun di Solo Technopark cukup memadai. "Pintunya dibuat di ceper, knalpotnya di tegal, nanti merakitnya di Technopark," katanya. Bangunan baru di Solo Technopark tersebut ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2012 mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Yosca Herman Sudrajad menjelaskan akan membawa mobil Esemka ke Balai Termodinamika, Motor dan Sistem Propulsi (BTMP) untuk dilakukan uji emisi. "Minggu depan akan kita bawa untuk uji emisi," ujarnya. Dirinya optimistis mobil Esemka bisa lolos uji emisi dan surat-surat izin lain agar bisa segera diproduksi massal. (ade)

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas