Senin, 24 November 2014
Tribun Jateng

Pengganti Panglima TNI dari Angkatan Darat?

Jumat, 12 April 2013 17:30 WIB

Pengganti Panglima TNI dari Angkatan Darat?
ist
ilustrasi
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanudin

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengisyaratkan pergantian Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono tahun ini karena memasuki usia pensiun.

Siapa penggantinya masih tanda tanya. Namun khusus untuk pengganti Panglima TNI,  Anggota DPR dari Fraksi Golkar Marsekal Madya (Purn) M. Basri Sidehabi menegaskan Mabes TNI akan mengusulkan bakal calon Panglima TNI kepada Presiden SBY kemudian Presiden mengajukan satu nama kepada DPR untuk disetujui.

"Biasanya ada pergiliran angkatan tapi itu bukan sesuatu yang mutlak. Pergantian seperti ini normatif biasanya memasuki masa pensiun harus diganti," kata mantan Irjen TNI ini.

Berdasarkan UU No 34 tahun 2004  syarat calon Panglima TNI adalah mantan kepala staf angkatan yang masih aktif dan para kepala staf angkatan.

Jika menggunakan UU itu maka ada sejumlah kandidat calon Panglima TNI diantaranya. Basri menduga calon Panglima TNI yang akan diangkat Presiden SBY dari perwira Angkatan Darat (AD).

Sejumlah nama yang potensial menjadi Panglima TNI dari Angkatan Darat adalah Pangkostrad TNI AD Letjen Muhammad Munir,  Wakil KSAD Letjen Moeldoko, dan Irjen TNI Letjen Andi Geerhan Lantara.
Editor: malvyandie
Sumber: Tribunnews.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas