Kamis, 27 November 2014
Tribun Jateng

Komjen Sutarman Dijagokan Jadi Kapolri

Senin, 15 April 2013 11:18 WIB

Komjen Sutarman Dijagokan Jadi Kapolri
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA
Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Sutarman
TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Nama Komisaris Jenderal Sutarman disebut-sebut sebagai kandidat calon Kepala Kepolisian RI pengganti Jenderal Timur Pradopo.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu dinilai memiliki potensi sebagai Kapolri. Apa tanggapan Sutarman?

"Itu biarkanlah mekanisme atau sistem pembinaan karir di Polri untuk berjalan. Semua bintang tiga punya hak untuk menjadi kandidat," kata Sutarman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2013).

Wacana pergantian Kapolri mencuat setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan diganti pada Agustus atau September 2013.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengaku sedang menyiapkan delapan nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) untuk diserahkan pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tak hanya nama, Kompolnas juga akan menyerahkan rekam jejak mereka.

Saat ini ada sejumlah jenderal bintang tiga atau pangkat Komjen yang jauh dari masa pensiun atau memasuki usia 58 tahun.

Mereka adalah Kabareskrim Polri Komjen Sutarman, Kabaharkam Polri Komjen Oegroseno, Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan, dan Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Anang Iskandar.

Sementara itu, jenderal bintang dua yang namanya sempat disebut menjadi calon Kapolri yakni Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno yang saat ini menjabat Kepala Polda Metro Jaya.
Editor: malvyandie
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas