• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Jateng

Jumlah Penerima Bantuan Siswa Miskin Jadi 15,5 Juta

Selasa, 23 April 2013 17:24 WIB

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA- Pemerintah akan meningkatkan penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari 9 juta siswa menjadi 15,5 juta siswa. Jumlah ini mencapai 28 persen dari total siswa yang ada. Peningkatan ini juga satu di antara tiga kompensasi dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).


Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengatakan, ada tiga jenis kompensasi yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat atas risiko rencana menaikkan harga BBM bersubsidi. 


"Program perluasan perlindungan sosial mendukung program pengurangan subsidi BBM bagi masyarakat mampu. Kita bertumpu pada tiga komponen untuk kompensasi," kata Agung saat ditemui di kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (23/4/2013).


Selain meningkatkan jumlah BSM, dua kompensasi lainnya adalah pemerintah akan memperbanyak jumlah pemberian beras bagi masyarakat miskin (raskin), dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditujukan kepada masyarakat yang sangat-sangat miskin, tetapi masih memiliki anak sekolah. 


"Nantinya pemberian kompensasi ini akan diperluas dan dipercepat, ada penambahan empat bulan, sehingga pemberian kompensasi ini akan sampai ke bulan ke-16," ujar Agung.


Terkait pelaksanaannya, Agung belum bisa memastikan. Namun sampai saat ini, stok beras miskin yang ada saat ini mencapai 2,4 juta ton. Jumlah tersebut masih sesuai dengan yang ada di anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2013.


"Tapi kalau ada kelebihan-kelebihan akan dibahas di APBN perubahan. Soalnya kan di APBN hanya sampai 12 bulan," katanya.

Editor: agung yulianto
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
32924 articles 92 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas