A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Kafe Nouri's Hadirkan Nostalgia Zaman Belanda - Tribun Jateng
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Jateng

Kafe Nouri's Hadirkan Nostalgia Zaman Belanda

Sabtu, 11 Mei 2013 09:00 WIB
ALUNAN gambang Semarang terdengar ketika Hari Suryo (44) dan sejumlah temannya melangkahkan kaki masuk di Kafe Noeri's, suatu petang. Suara itu berasal dari Stasiun Tawang, yang lokasinya sekitar 100 meter dari kafe di kawasan Kota Lama Semarang.

Tidak berselang lama, giliran lagu “Stranger's in The Night” milik Frank Sinatra yang menyambut Rudi, pengunjung lain. 

“Kalau masuk ke sini (Kafe Noeri’s), saya terbayang suasana 1940-an yang digambarkan majalah yang saya baca. Kami senang datang ke sini karena menghadirkan suasana retro dan sangat menarik,” tutur Hari saat ditemui Tribun Jateng di kafe yang beralamat di Jalan Nuri No 6, Semarang Utara ini.

Hari dan teman-temannya lantas duduk dan menggabungkan tiga meja agar semua yang hadir berkumpul jadi satu. Sepintas, tidak ada yang istimewa dari meja-meja itu. Namun jika dilihat lebih seksama, kaki meja merupakan kerangka mesin jahit merk Singer buatan tahun 1980-an.

“Kami sering ke sini dan tidak bosan melihat barang-barang kuno yang pernah ada di zaman penjajahan Belanda. Kami ke sini mencari atmosfir masa lalu,” ujar Hari yang juga penggagas OASE (Oude Stad Art and Culture Semarang), komunitas pecinta kawasan Kota Lama Semarang.

Masih banyak barang masa lalu yang dihadirkan di kafe tersebut. Seperti ubin bercorak batik Semarangan warna merah, almari roti milik Toko Sari Manis buatan tahun 1960, sampai mesin kasir kuno berukuran besar buatan tahun 1960. 

Ada juga mebel bentuk lawas yang pernah tren pada 1950’an, standing clock dari kayu, gramafon atau alat pemutar musik, dan sejumlah kamera analog merek Kodak keluaran tahun 1920-1960. Miniatur Harley Davidson dan helikopter kuno melengkapi atmosfir restoran hingga menyatu bersama Kawasan Kota Lama.

“Kami berharap, muncul restoran-restoran lain yang mengusung konsep seperti ini supaya dapat melestarikan sekaligus menghidupkan Kota Lama,” harap Hari sembari menyerutup kopi.

Makanan dan minuman yang disajikan juga melengkapi suasana tempo dulu. Terutama sajian kopinya. Hari mengaku cocok dengan mocca Arabica dan robusta yang ditawarkan. Kopi tersebut terasa berbeda karena sebelumnya ditimbun di gudang selama sembilan tahun dalam kondisi mentah. 

Sebagai teman menikmati kopi, restoran ini menghadirkan makanan ringan yang juga asli dari Belanda. Misalnya cassava, bokke doetjes, cheese roll, botter staaf, onbitjkoek, gevulde speculaas, almond brood. Sementara hidangan utama yang ditawarkan berupa western food juga nasi goreng.

Pemilik Café Noeri’s, Rusito atau akrab dipanggil Achong mengungkapkan, tujuan mendirikan restoran ini satu di antaranya “menghidupkan” Kawasan Kota Lama. Restoran yang dilengkapi fasilitas layanan internet wifi ini buka mulai pukul 10.00 – 22.00. “Sasaran pengunjungnya segala usia. Saya yakin konsep seperti ini disukai berbagai segmen, mulai pelajar, pebisnis, hingga family,” katanya. (ape)
Editor: agung yulianto
Sumber: Tribun Jateng
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
48544 articles 92 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas