• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Jateng

Briptu Wendy Bicara Sendiri di Atas Motor

Sabtu, 1 Juni 2013 18:25 WIB
Briptu Wendy Bicara Sendiri di Atas Motor
Tribun Jateng/Adi Prianggoro
PRESENTER - Empat Polwan Ditlantas Polda Jateng yang ditunjuk menjadi presenter acara lalu lintas berada di ruang kendali RTMC di Mapolda Jateng, Jumat (31/5/2013).

TUJUH Polwan yang bertugas di Ditlantas Polda Jateng ditunjuk menjadi presenter program lalu lintas yang tayang di sebuah stasiun TV. Acara ini mendukung program Regional Traffic Management Centre (RTMC) yang resmi diluncurkan Polda Jateng, Sabtu (1/62013) ini.


Briptu Agnes Ika Widya Rosari (25) yang biasa mengurusi surat tilang pelanggar lalu lintas termasuk yang dipercaya sebagai anchor dan reporter. Tugas baru itu cukup membikin dia nervous.


Bagaimana tidak? Staf Penegakan Hukum Seksi Pelanggaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng ini biasanya berada di balik layar.


Situasinya jelas berbanding terbalik ketika dia menjadi presenter, yang menuntutnya “memamerkan” wajah di depan kamera.


“Kalau berbicara di depan orang banyak dan pejabat sih sudah biasa, tetapi di depan kamera baru kali ini. Terasa grogi, semua yang sudah dipikirkan seringkali tidak bisa diucapkan ketika tampil di depan kamera,” ujar gadis yang biasa menjadi master of ceremony dalam sejumlah kegiatan Polda Jateng ini.


Bagian lain yang membuat Agnes “berkeringat” adalah harus memahami area di sekitar lokasi lalu lintas yang sedang ditayangkan di layar kaca. Misalnya, gadis yang pernah berdinas di Korps Reserse selama 1,5 tahun itu harus mempresentasikan kondisi kemacetan di Pasar Induk Brebes atau perempatan Margosari, Cilacap, yang direkam kamera CCTV milik RTMC Polda Jateng.


Ia tidak hanya memberi informasi mengenai situasi yang terekam kamera CCTV, melainkan juga area sekitarnya. “Itu yang membuat kami harus banyak membaca atau bahkan pergi ke lokasi-lokasi yang menjadi perhatian masyarakat. Terutama untuk mempelajari kondisi arus lalu lintas di sana,” ujar wanita kelahiran 14 Mei 1988 ini.


Lain Briptu Agnes lain pula Briptu Swesti Cahya Satwika (23). Polwan yang bertugas di bagian Subdit Keamanan dan keselamatan Ditlantas Polda Jateng ini harus banyak mempelajari perbendaharaan kata supaya lancar berbicara di depan kamera.


“Mendeskripsikan sebuah rekaman CCTV yang ditayangkan di layar monitor lewat rangkaian kalimat semula sangat sulit. Aku di rumah harus sering-sering melihat acara teve kemudian pura-pura menjadi presenter. Itu satu cara aku berlatih,” tutur Polwan yang akrab dipanggil Icha tersebut.


Agnes dkk memang tak hanya menyampaikan informasi tentang kondisi arus lalu lintas di Jateng dalam program sebuah stasiun televisi. Selain bertugas di ruang kendali RTMC, mereka juga akan langsung turun di jalan untuk kepentingan tayangan langsung.


Keuletan para Polwan berlatih menjadi presenter juga ditunjukkan Briptu Wendy (24), personel Bagian Pembinaan dan Operasional Ditlantas Polda Jateng. Ketika berada di rumah atau sedang istirahat di ruang kerjanya, Wendy sering berbicara sendiri di depan cermin untuk melatih kelancaran berbicara serta melihat raut wajah dan gestur tubuhnya. “Terkadang ketika naik motor saya juga ngomong sendiri mendeskripsikan yang saya lihat di depan,” ujarnya. (A Prianggoro) 


Penulis: adi prianggoro
Editor: agung yulianto
Sumber: Tribun Jateng
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
67603 articles 92 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas