Selasa, 25 November 2014
Tribun Jateng

ASPERS KASAD:KOWAD Harus Menjadi Pelopor Wanita

Sabtu, 13 Juli 2013 22:24 WIB

ASPERS KASAD:KOWAD Harus Menjadi Pelopor Wanita
Anggota Komando Wanita TNI Angkatan Darat menunjukan ketangkasan bela diri militer di Monas, Jakarta, Jumat (21/6). ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan.

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Asisten Personel (Aspers) Kepala Staf Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI Istu Hari Subagio, mengatakan Korps Wanita Angkatan Darat harus dapat menjadi pelopor wanita Indonesia yang tidak ternodai dan tidak luntur oleh pengaruh budaya negatif.

"Kowad harus mampu menunjukkan jati diri sebagai prajurit tangguh, pantang menyerah dalam menghadapi situasi apapun. Bukan mawar penghias taman tetapi melati pagar bangsa," katanya di Magelang, Sabtu (13/7/2013), seperti dikutip Antara.

Sebagai prajurit, katanya, personel Kowad harus dapat berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan Saptamarga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Ia mengatakan hal tersebut saat menerima dan mengukuhkan enam prajurit siswa pendidikan pertama perwira prajurit karier (Dikmapa PK) Wanita TNI Matra Darat TA 2013 di Akmil Magelang.

Ia berharap jangan ada satu orang pun anggota Kowad yang melakukan tindakan tidak terpuji atau melanggar norma dan etika yang telah ditentukan, baik secara langsung atau tidak langsung karena hal tersebut akan merusak citra, harkat, dan martabat Kowad serta merugikan organisasi TNI Angkatan Darat.

Upacara pengukuhan dan penerimaan ke dalam Korps Wanita Angkatan Darat sebagai tradisi Korps yang merupakan tanda diterimanya para Prajurit Siswa Dikmapa PK Wanita TNI Matra Darat menjadi warga Kowad yang nantinya akan dilantik dan diwisuda oleh Panglima TNI.

Menurut dia, acara pengukuhan tersebut bertujuan mempertebal rasa cinta dan kebanggaan sebagai prajurit wanita Angkatan Darat sekaligus diikat dengan kode etik Kowad "Sad Satya Sri Sena".

Ia menuturkan, kode etik Kowad diikrarkan memiliki makna yang sangat dalam, yaitu sebagai prajurit dan warga masyarakat, masing-masing memiliki peran yang berbeda dan harus bisa dilaksanakan dengan baik sesuai dengan peran dan fungsi serta aturan yang berlaku. (*)

Editor: rustam aji

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas