TribunJateng/
Home »

Jawa

Pilgub Jatim

Jelang Penetapan Cagub Jatim Besok, Polisi Kerahkan 1600 Personel

Potensi kerawanan pada pleno penetapan Cagub Jawa Timur, Minggu (14/7/2013) besok, mendapat perhatian serius dari aparat kepolisian.

Jelang Penetapan Cagub Jatim Besok, Polisi Kerahkan 1600 Personel
Tribun Jateng/Galih Permadi
Ilustrasi

TRIBUNJATENG.COM, SURABAYA – Potensi kerawanan pada pleno penetapan Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur, Minggu (14/7/2013) besok, mendapat perhatian serius dari aparat kepolisian. Tak tanggung-tanggung 1.600 personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan.

“Polda Jatim mengerahkan 1.000 orang personel, dan Polrestabes Surabaya 600 personel. Jadi, totalnya ada 1.600 personel kemanan dikerahkan untuk mengantisipasi kerawanan (pleno KPU) ini,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono, Sabtu (13/7/2013).

Dijelaskan, fokus utama pengamanan adalah kantor KPU Jatim, tempat digelarnya pleno penetapan pasangan calon gubernur. Namun, beberapa titik lain juga dianggap rawan dan bakal dijaga ketat oleh polisi. Terutama, rumah-rumah calon gubernur dan calon wakil gubernur, serta tempat-tempat tim sukses calon yang ada.

Disampaikan Kabid Humas, hingga Sabtu petang kemarin juga sudah ada sejumlah kelompok massa yang mengirim pemberitahuan ke polisi untuk menggelar unjuk rasa bersamaan pleno KPU, hari ini.

“Sudah ada beberapa elemen massa yang menyampaikan pemberitahuan akan unjuk rasa. Namun, detailnya kami tidak hafal. Massa dari mana saja dan berapa jumlahnya,” sambung Awi.

Masih menurut Kabid Humas, dalam pengamanan ini, Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono telah memerintahkan kepada polres jajaran untuk ikut melakukan pengamanan. Terutama, polres yang di daerahnya bakal mengirim massa untuk menggelar unjuk rasa ke Surabaya.

Perintah dari Kapolda, masing-masing polres hendaknya ikut mengawal dan melakukan pengamanan massa pendemo yang bergerak menuju Surabaya.

“Polres jajaran bakal mengawal massa yang hendak berunjuk rasa sampai di Surabaya,” kata mantan Kapolres Ngawi ini.

Ribuan personel polisi itu, imbuhnya, juga bakal diterjunkan dalam rangka pengamanan agenda penetapan nomor urut Cagub-Cawagub Jatim yang bakal digelar di Hotel JW Marriot Hotel, Senin (15/7/2013) besok.

Terpisah, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta menyampaikan bahwa dirinya akan memimpin langsung apel pengamanan pada Minggu pagi ini.

Halaman
12
Editor: rustam aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help