• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribun Jateng

Pemkot Semarang Serahkan Bantuan kepada 50 PKL

Rabu, 31 Juli 2013 20:23 WIB

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Alfi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Plt Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memberikan bantuan sarana prasarana (sapras) usaha bagi 50 PKL di Jalan Arif Rahman Hakim senilai Rp 375 juta. Penyerahan itu dilakukan di Ruang Komisi A-B Lantai VIII, Rabu (31/7/2013).

Bantuan sapras usaha ini merupakan bantuan bergilir dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang diserahkan kepada para PKL yang tergabung pada koperasi Artha Bunda.

Menurut Kepala Dinas Koperasi & UMKM, Dra Litani Satyawati, program bantuan ini merupakan bentuk fasilitasi pemerintah dalam rangka pengembangan koperasi serta UKM.

“Diharapkan dengan adanya bantuan langsung ini manfaatnya pun dapat langsung dirasakan sehingga peran koperasi sebagai sokoguru perekonomian rakyat akan mampu menjadi solusi bagi berbagai permasalahan usaha seperti sisi permodalan, pemasaran serta pengembangan usaha bagi UKM dan PKL,” ungkap Litani, seperti dikutip dari rilis yang diterima Tribun Jateng.

Kota Semarang tahun ini mengajukan dua program bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang keduanya direalisasi, yakni program tata kelola ritel UKM Mart yang diberikan kepada Koperasi Manunggal Jaya sebesar Rp 60 juta dan program Penataan Sarana Usaha Bagi PKL kepada 50 PKL melalui Koperasi Artha Bunda.

Menurut Litani, penyaluran bantuan sosial di Kota Semarang dinilai sebagai yang terbaik dan dijanjikan akan mendapat bantuan yang sama pada tahun mendatang.

Menyambut baik bantuan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Plt Wali Kota yang hadir sekaligus menyerahkan bantuan menyampaikan bahwa pihaknya bersama jajaran Pemkot Semarang memiliki kewajiban dan komitmen untuk memberdayakan dan melindungi PKL di Kota Semarang.

“Namun pemberdayaan dan perlindungan itu tidak dengan serta merta memperbolehkan berjualan di mana saja, melainkan sesuai dengan aturan dan ketentuan sehingga wajah Kota tetap cantik bersamaan dengan ekonomi yang terus bergeliat,” ungkap Plt Wali Kota, Hendrar.

Dengan komunikasi dan semangat bersama untuk menata Kota Semarang yang bersih, rapi serta nyaman, menurut Plt Wali Kota, ke depan dengan sendirinya perekonomian kan tumbuh dengan baik dan pada akhirnya akan berujung pada peningkatan kesejahteraan para pelakunya termasuk para PKL.

Melalui penataan PKL di depan Kantor Pos Johar ini diharapkan dapat mempercantik kawasan ini. Plt Walikota pun meminta bantuan kepada seluruh pihak mulai dari para jajaran Pemkot, para PKL, serta direksi PT Pos untuk dapat bersama-sama menjaga, merawat serta mengawasi kebersihan di lokasi tersebut.

Penulis: m alfi mahsun
Editor: agung yulianto
Sumber: Tribun Jateng
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
123544 articles 92 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas