• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 1 Agustus 2014
Tribun Jateng

Ini Cara Mendapatkan Rumah Murah dengan Cicilan Rp 800 ribu

Minggu, 1 September 2013 23:34 WIB
Ini  Cara  Mendapatkan  Rumah Murah dengan Cicilan Rp 800 ribu
Pameran perumahan murah

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Nurus Saadah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memiliki tempat tinggal adalah kebutuhan setiap orang. Namun mahalnya harga rumah seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang, khususnya masyarakat dengan penghasilan pas pasan. Namun  adanya masalah tersebut bukan berarti masyarakat dengan pengjasilan pas-pasan tidak bisa memiliki rumah karena pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera)  memberikan rumah subsidi  untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Rumah tersebut adalah rumah sederhana yang bisa didapatkan dengan fasilitas pembiayann khusus atau disebut Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

FLPP adalah program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hasil kerjasama Kemenpera  dengan bank pelaksana. Menggunakan fasilitas ini, masyarakat bisa mendapatkan KPR dengan bunga 7,25 dengan fix selama masa angsuran hingga 20 tahun. Bunga ini jauh lebih rendah dibanding bunga  KPR untuk perumahan komersial yang ada pada kisaran 10 persen - 12 persen.

Namun faslilitas tersebut hanya bisa digunakan untuk rumah dengan harga yang telah ditentukan Kemenpera. Harga maskimal di Jateng adalah Rp 88 juta.

Staf Deputi Didang Pembiayaan Kemenpera, Praditya menjelaskan rata-rata perbankan memberikan syarat Uang Muka sebesar 10 persen atau Rp 8,8 juta.  Kemudian sisanya baru bisa dicicil dengan KPR hingga maksimal 20 tahun.

KPR dengan Jangka waktu 10 tahun bisa dicicil dengan kisaran Rp 930 ribu perbulan, 15 tahun dengan cicilan kisaran Rp 730 ribu perbulan dan jangka 20 tahun bisa dicicil dengan kisaran Rp 630 ribu perbulan.

Karena fasilitas ini diperuntukkan bagi MBR, rumah ini hanya bisa didapatkan oleh mayarakat dengan penghasilan  di bawah Rp 3,5 juta dan bukti bahwa rumah tersebut adalah rumah pertama.

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, calon kreditur bisa menghubungi bank pelaksana FLPP yang terdiri dari bank umum dan bank Pembangunan Daerah (BPD).

Ada sembilan bank umum pelaksana FLPP yaitu BNI, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BRI, BRI Syariah, BTN, BTN Syariah, Bank Muamalat dan Bank Bukopin. Sedangkan Bank Pembangunan Daerah, di Indonesia tercatat ada 16 bank pelaksana dimana BPD Jateng termasuk di dalamnya.

Keberadaan rumah dengan harga Rp 88 juta memang sudah terhitung langka apalagi untuk lokasi yang mudah dijangkau di wilayah Semarang.  Namun jangan khawatir karena ada alternatif lain, yaitu rumah yang terletak di luar Semarang namun masih bisa dijangkau dengan waktu kurang dari satu jam.

Beberapa perumahan di daerah Semarang  yang menyediakan rumah dengan harga Rp 88 juta  di antaranya Bintang Regency yang terletak di kelurahan Gedawang, Banyumanik, Semarang. Di tempat ini harga tersebut sudah mendapatkan rumah dengan Luas Bangunan (LB) 30 dan Luas Tanah (LT)  66.  Kemudian perumahan Mutiara Hati di Kudu,  Genuk memberikan LB 36 dan LT 60.

Perumahan Panorama Asri yang terletak di jalan Bima desa Kalongan Ungaran Timur juga sudah memberikan LB 30 dan LT 66 dengan harga tersebut. Kemudian Perumahan Lentera Prigi Permai yang berada di Mranggen Demak juga memberikan LB 27 dan LT 60. Ada juga perumahan Boja Permata Regency yang terletak di jalan raya Boja-Kaliwungu tepatnya desa Meteseh yang juga memberikan LB 36 dan LT 65 dengan harga tersebut. (*)

Penulis: nurus saadah
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas