• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Jateng

KPID Mencari 14 Anggota Berintegritas

Selasa, 10 September 2013 21:43 WIB

Laporan wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah membuka kembali perekrutan komisioner baru masa bakti 2013-2016, untuk menggantikan komisioner KPID Jateng yang akan berakhir Desember mendatang.

Rencananya, akan dipilih 14 anggota yang mempunyai aspek moralitas dan integritas tinggi terhadap lembaga penyiaran.

Ketua Tim Seleksi Calon KPID Jateng, Ali Mufiz mengatakan, aspek moralitas itu menjadi tahapan penting yang harus diketahui masyarakat. Sebab, lembaga penyiaran dinilai merupakan media komunikasi massa dan mempunyai peran penting dalam kehidupan sosial, budaya, politik dan ekonomi.

"Tiga aspek yang diharapkan bagi calon KPID nantinya adalah komitmen moral yang tinggi (religiusitas), komitmen dalam aspek kebinekaan dan penghormatan terhadap kearifan lokal," jelasnya usai melakukan audiensi dengan Komisi A DPRD Jateng, di Gedung Berlian Lantai 3, Selasa (10/9/2013).

Dia mengatakan, KPID telah memberikan  pengumuman kepada masyarakat luas terkait  informasi kepada masyarakat tentang kriteria calon KPID tanpa melihat latarbelakang gender utuk mendaftarkan diri menjadi anggota KPID.

Dalam proses perekrutannya ada beberapa tahapan yang harus dilewati, di antaranya tahap administratif, uji kompetensi, wawancara, tes tertulis dan fit and proper test.

"Selain itu calon tidak boleh terlibat aktifitas politik, pemilik lembaga penyiaran dan menjabat sebagai anggota eksekutif maupun legislatif, " terang mantan Gubernur Jateng itu.

Sedangkan untuk kriteria uji kompetensi, kata Ali, masing-masing calon akan diwajibkan membuat makalah serta menjelaskan visi misinya menjadi anggota KPID. Termasuk menyertakan strategi apa yang akan dilakukan untuk membangun KPID kedepan.

Adapun untuk pendaftaran sendiri dimulai sejak 7 September sampai 7 Oktober 2013. Sedangkan untuk 11 sampai 24 November 2013 akan dilakukan uji publik dan pengumuman 14 calon yang lulus seleksi administratif.

Kemudian, pada tanggal 25 November 2013 akan dilakukan tes kelayakan calon (fit and proper test) guna melihat kemampuan calon yang benar-benar kompeten menduduki kursi komisioner.

"Dalam uji publik, diharapkan masyarakat dapat memberikan masukan terkait 14 calon yang lolos seleksi administratif ini kepada sekretariat KPID Jateng," katanya. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
154283 articles 92 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas