• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 1 Agustus 2014
Tribun Jateng

9 Penerima Bansos dari Pemprov Jateng Kembalikan Dana

Senin, 16 September 2013 22:59 WIB
9 Penerima Bansos dari Pemprov Jateng Kembalikan Dana
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi uang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dana bantuan sosial (Bansos) yang bersumber APBD Pemprov Jateng 2012 secara bertahap dikembalikan oleh sebagian penerimanya. Dana yang sebagian berujung masalah itu jadi target Polrestabes Semarang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan melalui Wakasat Reskrim Polrestabes Semarang, Kompol Dony Setiawan mengatakan, hingga kini sembilan orang penerima Bansos APBD Jateng 2012 telah mengembalikan uang yang diterima.

Kesembilan orang tersebut, menurut Dony, mengembalikan uang dana Bansos lantaran belum menjalankan kegiatan yang diajukan sebelumnya.

"Kesembilan orang itu sudah mengembalikan dengan besaran dana sesuai yang diterima sebelumnya," tutur Dony, Senin (16/9/2013).

Menurutnya, tiga orang penerima menyerahkan uang tersebut kepada penyidik Polrestabes Semarang. Adapun enam penerima yang lain, menyerahkan langsung ke Pemda Provinsi Jateng. "Total uang yang dikembalikan dari sembilan orang tersebut berjumlah Rp 69,7 juta," katanya.

Dony meminta kepada para penerima Bansos yang belum memenuhi panggilan Polrestabes agar segera hadir memenuhi pemeriksaan.

"Kami berharap semua penerima bansos bisa kooperatif, agar semua persoalan dana bansos ini jelas dan segera dituntaskan," katanya.

Terpisah, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Jateng, Sri Puryono menyampaikan, semua penerima bansos harus menjalankan program kegiatan sesuai dengan yang tercantum pada proposal pengajuannya.

"Kalau tidak sesuai, ya harus dikembalikan segera ke kas negara. Karena kegiatan yang tercantum dalam proposal itu sudah menjadi tanggungjawab penerima bansos untuk menyelenggarakan kegiatan," jelasnya.

Dia menyampaikan, uang bansos tersebut dikirim sesuai dengan rekening penerimanya. Setelah kegiatannya dilaksanakan, penerima bansos juga bertanggungjawab untuk membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ).

"Bagi penerima bansos harus membuat LPJ. Termasuk penerima tahun 2013 ini, misalnya, juga harus membuat laporan pertanggungjawaban. Paling lambat 10 Januari 2014," jelas dia.

Dia menjelaskan, kalau mengikuti administrasi, maka uang yang dikembalikan tersebut akan masuk ke kas negara. Namun, alokasi uang yang dikembalikan itu belum tentu alokasi yang dipergunakan untuk bansos berikutnya.

"Uang yang dikembalikan akan masuk ke kas negara, istilahnya menjadi pendapatan lain-lain. Tapi belum tentu uang itu untuk bansos lagi, yang jelas untuk pembangunan," kata dia.

Dia mengimbau, bagi penerima bansos untuk tertib melakukan administrasinya dan menjalankan sesuai dengan proposal pengajuannya. (lyz/raf)

Editor: agung yulianto
Sumber: Tribun Jateng
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas