• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribun Jateng

Musim Hujan di Semarang Mulai Akhir September

Rabu, 18 September 2013 11:53 WIB
Musim Hujan di Semarang Mulai Akhir September
net
Ilustrasi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Awal musim hujan di jawa Tengah diperkirakan tidak merata pada tahun ini. Beberapa wilayah sudah lebih dulu semisal karesidenan Banyumas sejak Agustus.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah melansir, masih ada beberapa daerah yang mengalami kemarau hingga sat ini.

"Karesidenan Banyumas hampir tidak ada kemarau, sejak Agustus lalu, hujannya intensitas sedang," papar Kepala Seksi Data dan Informasi (BMKG) Jawa Tengah Rani Kraningtyas saat dihubungi, Selasa (17/9/2013).

Ia menjelaskan, beberapa wilayah di Jateng bagian utara dan timur baru akan masuk musim hujan pada Oktober. Khusus kota Semarang, musim hujan diperkirakan dimulai pada akhir September hingga awal Oktober.

Wilayah Semarang yang lebih dulu musim hujan adalah di wilayah Kabupaten Semarang, sekitar gunung Ungaran. Lalu pada awal Oktober merembet ke Kota Semarang.

"Hingga akhir tahun hujan diperkirakan masih intensitas sedang. Kalau puncaknya mungkin pada Januari hingga Februari," jelas Rani.

Ia meminta, musim hujan di wilayah pegunungan harus diwaspadai. Meskipun sedang, tapi bisa mengakibatkan longsor. Sementara di dataran rendah harus mulai bersiap-siap untuk mencegah banjir.

Beberapa waktu lalu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Sarwa Permana mengakui telah mengirimkan surat untuk peringatan musim hujan. Ia mengatakan jika musim hujan tibaa, maka lereng mereapi menjadi perhatian khususnya.

Hingga saat ini masih ada jutaan kubik material gunung merapi yang belum turun. Meskipun beberapa sungai sudah dibangun tanggul, tapi banjir lahar hujan patut diwaspadai. Koordinasi relawan menjadi faktor penting pada musim hujan mendatang. (bbb)

Penulis: bakti buwono budiasto
Editor: agung yulianto
Sumber: Tribun Jateng
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
158183 articles 92 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas