• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribun Jateng

Status Pelayanan Teknik dan Pencatat Meteran Menunggu Jakarta

Senin, 23 September 2013 11:38 WIB
Status Pelayanan Teknik dan Pencatat Meteran Menunggu Jakarta
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Petugas PLN memindahkan jaringan listrik di Jalan Taman Diponegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/7/2013). Pemindahan jaringan ini sebagai bentuk perawatan terhadap instalasi listrik guna mencegah kerusakan saat terjadi cuaca buruk. 

Siti Rohatin
Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial
Disnakertrans Jateng

Selama ini, PLN menerapkan sistem kerja outsourcing (OS) melalui vendor untuk sejumlah jenis pekerjaan, termasuk pelayanan teknis (Yantek) dan pencatat meteran (Cater).

Vendor yang memenangi tender, diwajibkan menggunakan tenaga OS yang sebelumnya dipakai vendor lain yang kalah tender. Atau, bila vendor itu memenangi tender lagi, diwajibkan tetap menggunakan tenaga kerja yang selama ini bekerja untuk PLN. Dengan demikian, tidak ada satu yang diberhentikan, meski harus berganti-ganti vendor.

Secara umum, meski para pegawai OS ini harus berganti-ganti vendor, sistem perlindungan pegawai sudah dilaksanakan, antara lain dengan membayar jaminan pensiun (pesangon) di depan. Untuk masalah kesejahteraan, meskipun sistem OS saya rasa cukup bagus.

Yang jadi masalah adalah, terkadang ada vendor nakal. Misalnya telat membayar gaji atau lali mengurus Jamsostek. Untuk vendor seperti itu sebaiknya langsung dilaporkan pada Disnakertrans.

Untuk uang jaminan pensiun, saya menyarankan tidak disimpan pengusaha, tapi bisa disimpan dipihak ketiga atau disimpan di bank dalam bentuk, semacam bank garansi. Sebab, tidak selamanya vendor itu memenangkan tender. Kalau tahun berikutnya vendor tersebut kalah tender, uang jaminan pensiun itu bisa tidak dibayarkan.

Soal tuntutan agar para pegawai OS Yantek dan Cater bisa diangkat menjadi pegawai PLN, setelah adanya peraturan Menakertrans Nomor 19 Tahun 2013 dan Undang-Undang nomor 13 Tahun 2003, saat ini masih dalam pembahasan di Jakarta.

Berdasarakan peraturan itu, tidak ada lagi sistem kerja OS, kecuali lima jenis pekerjaan, yaitu cleaning service, catering, security, transporty dan pertambangan,

Meski begitu, masih ada sistem pemborongan pekerjaaan, pada jenis pekerjaan penunjang. Pekerjaan penunjang adalah jenis yang bila ditiadakan, perusahaan itu masih bisa jalan meskipun tersendat. Gambaran pekerjaan borongan adalah, seperti pemilik bangunan yang memborongkan pendirian gedung pada kontraktor.

Seluruh tenaga kerja, peralatan kerja dan bahan material ditangani kontraktor. Khusus soal tenaga kerja, pemilik bangunan tidak ada hubungan langsung dengan mereka.

Masalah, apakah pekerjaan pelayanan teknik (Yantek) dan pendatata meter (Cater) merupakan pekerjaan penunjang atau pekerjaan utama di PLN, itulah yang saat ini masih dalam pembahasan di Jakarta. Dipastikan, sudah ada keputusan pada 31 Oktober 2013.

Sambil menunggu keputusan pemerintah pusat, PLN sudah memperpanjang kontrak dengan vendor penyedia tenaga OS. Dari yang seharusnya berakhir pada 31 Agustus diperpanjang menjadi 31 Otkober. (tim)

Editor: agung yulianto
Sumber: Tribun Jateng
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
160624 articles 92 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas