Rizky dan Nydia Wakil Kota Semarang Menangi Duta Wisata Jateng 2013

Rizky dan Nydia wakil dari Kota Semarang berhasil memenangi Mas dan Mbak Duta Wisata Jateng 2013 di Purwokerto.

Rizky dan Nydia Wakil Kota Semarang Menangi Duta Wisata Jateng 2013
TRIBUN JATENG/FAJAR NUGROHO
DUTA WISATA- Rizky dan Nydia dinobatkan sebagai Duta Wisata Jateng 2013 dalam ajang pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jateng di Dynasty Convention Center Hotel Horison, Purwokerto, Jumat (8/11/2013) malam.

Laporan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO- Ratusan orang memadati Dynasty Convention Center Hotel Horison, Purwokerto untuk menyaksikan pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah 2013. Suara riuh menyelimuti gedung, berasal dari para pendukung masing-masing daerah.

Para pendukung calon Mbak dan Mas Duta Wisata Jateng tanpa lelah terus menyanyikan yel-yel untuk memberikan semangat. Banyak di antaranya bahkan membunyikan peluit dan terompet. Tempat duduk yang disediakan pun tidak cukup menampung tamu undangan yang hadir. Suara gemuruh sampai terdengar di luar ruangan.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, para tamu undangan pun ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan penuh semangat dan suara lantang.

Sebanyak 35 pasangan finalis dari 35 kabupaten/kota bersaing dalam pemilihan Duta Wisata 2013. Ketua panitia, Totok Priyanto, mengatakan, Pagelaran Duta Wisata Jawa Tengah 203 bertujuan memilih generasi muda sebagai figur yang kreatif, inovatif dan cerdas. “Para peserta menjalani berbagai pembekalan dalam karantina 5-7 November,” katanya.

Dewan juri berasal dari insan yang menilai pada kriteria pariwisata, senibudaya, psikologi, bahasa inggris, public speaking, pemerintahan dan ngadi busono-ngadi saliro. Dalam masa penjurian finalis meliputi kelengkapan administrasi, karya tulis, tes tertulis dan wawancara. Bahkan perilaku selama karantina juga tak luput penilaian hingga saat grand final.Nantinya pemenang Duta Wisata Jawa Tengah 2013 ini akan mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk ajang serupa di tingkat nasional di Aceh, tahun depan.

Selain memperebutkan juara pada pemilihan duta wisata, para peserta juga mendapat penghargaan khusus pada lima kategori yaitu favorit, persahabatan, busana terbaik, intelegensi, serta kepribadian.

Bupati Banyumas, Achmad Husain, mengungkapkan, Duta Wisata Jawa Tengah merupakan mutiara-mutiara perwakilan dari tiap kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dia berharap ajang ini sekaligus mempromosikan Banyumas sebagai lokasi wisata. "Jadikanlah Banyumas menjadikan kota yang selalu ada di hati semuanya," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, berharap pemenang duta wisata ini mampu berbicara banyak di ajang duta wisata tingkat nasional. "Agar dapat menginformasikan kepada masyarakat Indonesia dan internasional bahwa Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah yang kondusif, nyaman dan berkualitas. Ingat Jawa Tengah itu hebat, sejahtera dan berdikari,"ucapnya.

Prasetyo Aribowo mengungkapkan, helatan ini dipusatkan di kota Banyumas yang menjadi tuan rumah dalam berbagai rangkaian kegiatan. Tujuannya mewujudkan Visit Jateng 2013 yang diharapkan akan mempromosikan berbagai sektor secara merata.

Tepat pukul 21.00, sebanyak 35 pasangan finalis satu persatu berjalan berpasangan mengitari panggung untuk menyapa para tamu undangan dan dewan juri. Acara baru berakhir sekitar pukul 12.30 WIB.

Pada akhirnya para pendukung duta wisata dari Kota Semarang bersorak paling heboh ketika dewan juri memutuskan  bahwa pemenang Duta Wisata Jateng 2013 adalah wakil dari Kota Semarang, Rizky dan Nydia.  Nydia pun tersenyum namun matanya tampak berkaca-kaca ketika Kepala Dinas Pariwisata Jateng Prasetyo Aribowo menyematkan penghargaan. (*)

Penulis: fajar eko nugroho
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved