Sabtu, 20 Desember 2014
Tribun Jateng

DPT Kabupaten Semarang Berkurang 730 Orang

Jumat, 29 November 2013 17:57 WIB

DPT Kabupaten Semarang Berkurang 730 Orang
TRIBUNNEWS.COM/HERDUDIN
Petugas KPU DKI Jakarta membantu warga yang ingin melihat namanya terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT)

Laporan Reporter Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT)  untuk  Pemilu Legislatif  2014 di Kabupaten Semarang yang ditetapkan KPU Kabupaten Semarang kembali berkurang 730 orang. Bahkan, KPU Kabupaten Semarang juga menemukan 29 NIK pemilih invalid.

"Rekomendasi dari Panwaslu Kabupaten Semarang ada 49 NIK pemilih yang perlu perbaikan. Namun kini kami menemukan ada 29 NIK pemilih invalid yang terintegrasi dengan sistem pendataan pemilih (Sidalih) pusat. Segera kami akan berkoordinasi dengan Dispendukcapil untuk melakukan perbaikkan, " kata Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan usai rapat pleno penetapan rekapitulasi perbaikan DPT Pemilu Legislatif 2014 di Sekretariat KPU Kabupaten Semarang, Jumat (29/11/2013).

Menurut Guntur, rekomendasi Panwaslu terkait pembenahan 43 NIK pemilih itu berdasarkan catatan hasil penyisiran Panwas di tingkat desa dan kecamatan. Tetapi, lanjut dia, hal itu sebenarnya sudah dilakukan oleh panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Kesalahan Panwaslu tidak memberikan rekomendasi berjenjang," ujarnya.

Guntur mengatakan, KPU tidak memiliki hak untuk mengganti NIK maupun nomor kartu  keluarga (NKK). Dalam hal ini dia menjelaskan bahwa kewenangan itu ada di pihak Dispendukcapil.

" Sesuai Peraturan KPU No 9 Tahun 2013, orang yang tidak punya administrasi kependudukan bisa diakomidir. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan surat kepada Dispendukcapil kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk selalu membantu KPU dalam menyelesaikan masalah administrasi, khususnya NIK dan NKK, " jelasnya.

DPT Pemilu 2014 Kabupaten Semarang
Jumlah DPT     745.906 orang
Berkurang     730 orang

Penulis: puthut dwi putranto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas