Kamis, 27 November 2014
Tribun Jateng

Penggenangan Waduk Jatibarang Pertengahan Februari

Kamis, 23 Januari 2014 15:47 WIB

Penggenangan Waduk Jatibarang Pertengahan Februari
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
TANGGUL WADUK - Sejumlah alat berat meratakan batu pada tanggul Waduk Jatibarang di Kampung Talunkacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungapati, Kota Semarang, Jateng, Rabu (18/12/2013). Pembangunan tanggul penampungan air pada waduk jatibarang terkendala curah hujan yang sangat tinggi, saat ini waduk yang akan berfungsi sebagai pengatur air hujan tersebut sudah mencapai 98 persen karena terkendala pembebasan lahan bberdirinya tower bertegangan tinggi di kawasan tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bakti Buwono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rencana penggenangan Waduk Jatibarang dipastikan dilakukan pada pertengahan Februari mendatang. Ketua Satker Waduk Jatibarang, BBWS Pemali-Juwana, Anang Mukhlis mengakui jika rencana itu molor sebulan.

"Kemarin ada kendala empat bidang tanah yang belum mau diganti rugi. Tapi setelah kami lakukan lobi, sudah selesai," tuturnya di pintu air Kanal Banjir Barat, Kamis (23/1/2014).

Ia mengatakan, saat ini pembangunan fisik Waduk Jatibarang sudah selesai. Yang belum selesai hanya pembangunan jalan raya menuju lokasi waduk. Setelah itu, ia memastikan waduk siap digenangi.

Anang berujar, pembangunan Waduk jatibarang bisa mengurangi debet air di kanal Banjir Barat. Waduk Jatibarang dan Kanal Banjir Barat didesain untuk bisa menampung debet air hingga 7.400 m3/detik.

"Kami memperhitungkaan siklus 50 tahunan yaitu maksimal 9.000 m3/detik, hasilnya dari situ kami bisa menampung 7.400 m3/detik," tuturnya.

Beberapa waktu lalu, Konsultan Supervisi Pembangunan Waduk Jatibarang, Dodhy Indrawirawan, menambahkan ada beberapa tahap penggenangan. Pertama, penggenangan akan dilakukan setingggi saluran air intake atau 150 meter.

"Kami memperkirakan untuk lama penggenangan sampai sebulan, kami menggantungkan proses pengisian waduk dari air hujan terlebih dulu," ucapnya.

Penulis: bakti buwono budiasto
Editor: agung yulianto
Sumber: Tribun Jateng

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas