OTOTREND

Setelah Mobil Lintasi Genangan Banjir, Lakukan Ini Segera

Setelah Mobil Lintasi Genangan Banjir, Lakukan Ini Segera. Semprot dengan air bersih sikat kaki-kakinya

Setelah Mobil Lintasi Genangan Banjir, Lakukan Ini Segera
tribunjateng/wid
ILUSTRASI kendaraan melintasi genangan di depan Terminal Penggaron Semarang 

Erri Prasetias | Mekanik G-Speed Semarang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Masalah pada mobil saat musim hujan biasanya terjadi pada rem mobil. Banyak dijumpai rem berbunyi saat diinjak dan bisa sampai macet tidak berfungsi.

Itu sebabnya, pastikan dulu fungsi rem sebelum ke luar rumah. Jika fungsi rem berkurang dan membutuhkan stel ulang, lakukan di bengkel terdekat.

Langkah pencegahan rem macet bisa dilakukan lewat cara memberi pelumas secara berkala. Khususnya, stelah mobil terendam air di medan yang memiliki genangan tinggi.

Lakukan juga pengecek kondisi mobil ke bengkel secara berkala. Cara ini bertujuan mengetahui kondisi mesin, bodi dan kaki-kaki. Termasuk, rem dan kelistrikan mobil.

Mengetahui kondisi kelistrikan mobil sangat penting, jangan sampai air yang masuk memengaruhi performa. Jika tidak diantisipasi, mobil bisa mogok saat melintasi genangan.

Melintasi jalan di wilayah tertentu saat hujan juga harus diwaspadai. Terutama, di daerah Semarang utara yang dimungkinkan air hujan bercampur rob. Kalau terkena banjir semacam ini, mobil harus segera disemprot menggunakan air. Lebih bagus lagi, kaki-kaki mobil disikat agar terhindar dari karatan. (tribunjateng/cetak/m alfi mahsun)

Penulis: m alfi mahsun
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved