MOPD Siswa Baru SMK Pusponegoro 01 Brebes Diisi Kegiatan Agamis

MOPD Siswa Baru SMK Pusponegoro 01 Brebes Diisi Kegiatan Agamis

MOPD Siswa Baru SMK Pusponegoro 01 Brebes Diisi Kegiatan Agamis
TRIBUNJATENG/FAJAR EKO NUGROHO
MOPD Siswa Baru SMK Pusponegoro 01 Brebes Diisi Kegiatan Agamis dengan membantu anak anak panti asuhan Muhammadiyah, Sabtu 11 Juli 2015 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) SMK Pusponegoro 01 Brebes diisi dengan berbagai kegiatan Islami.

Meskipun, para siswa masih beratribut topi karton, topi tani, topi capon, topi bola namun materi yang diberikan bersifat Islami. Seperti yang terlihat pada hari terakhir MOPD, para siswa menyumbangkan sembako kepada Panti Asuhan Muhammadiyah, Pasar Batang, Brebes, Sabtu (11/7/15).

"Kami ingin mengajak anak-anak memahami arti kebersamaan, dan berbagi dengan sesama," tutur Darno, Kepala SMK Pusponegoro 01 Brebes, di sela kegiatan. Sebanyak 176 siswa baru tahun pelajaran 2015/2016 dengan berjalan kaki menuju panti asuhan yang berjarak sekitar 1 kilometer. Meski panas menyengat, dalam kondisi berpuasa para siswa ini bersemangat sembari melantunkan shalawat badar.

Mereka berasal dari empat jurusan yakni Teknik Audio Visual (TAV), Akuntansi, Teknik Gambar Bangunan (TGB), dan Tekni Kendaraan Ringan (TKR). Selain diharuskan mengenakan seragam SMP atau MTs, mereka juga harus mengenakan sejumlah atribut seperti topi panjang yang terbuat dari karton, topi cepon, topi bola dan topi tani yang dibedakan akseseorisnya sesuai dengan jurusan masing-masing.

Koordinator MOPD SMK Pusponegoro 01 Brebes Khaerudin Anwar menjelaskan, materi MOPD antara lain mengenalkan tentang program sekolah, pengenalan laboratorium masing-masing jurusan, pengenalan lingkungan sekolah, peringatan Nuzulul Quran dan sumbangan kepada panti asuhan.

Khaerudin mengatakan, MOPD menjadi sarana kegiatan yang sifatnya lebih mendidik, pengembangan mental dan moral, spritual, emosional dan sosial. "Diharapkan akan tercipta keakraban dan jalinan silahturahmi antar seluruh siswa-siswi yang baru dengan guru, dan lebih peduli kepada sesame," ungkapnya.

Bantuan sembako diberikan secara simbolis oleh Pembina OSIS SMK Pusponegoro 01 Brebes Khaerudin Amran kepada Pengasuh Panti Asuhan Muhammadiyah Brebes Syuhada. Atas nama panti, syuhada menyambut gembira atas uluran tangan dari para siswa. Bantuan tersebut sangat membantu anak-anak panti dalam peningkatan gizi. (*)

Tags
MOPD
Penulis: fajar eko nugroho
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved