Trigana Air Dikabarkan Hilang

Serpihan Trigana Air Ditemukan

Dia menuturkan bahwa posisi pasti serpihan pesawat Trigana Air itu berada dikoordinat 04 derajat 49 menit 289 Lintang Selatan dan 140 derajat 29 menit

Serpihan Trigana Air Ditemukan
kompas.com/google maps
Lokasi Penerbangan Trigana Air 

TRIBUNJATENG.COM, JAYAPURA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan bahwa serpihan pesawat Trigana Air jenis ATR 42 PK YRN telah ditemukan pada pukul 08.50 WIT. Informasi dari Kemenub, serpihan pesawat tersebut berada di ketinggian 8.300 kaki Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. 

"Serpihan pesawat YRN ditemukan oleh tim SAR pukul 08.50 local time (LT)," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid kepada Kompas.com. Jakarta, Senin (17/8/2015). 

Dia menuturkan bahwa posisi pasti serpihan pesawat Trigana Air itu berada dikoordinat 04 derajat 49 menit 289 Lintang Selatan dan 140 derajat 29 menit 953 Bujur Timur. 

Menurut Hadi, temuan serpihan pesawat tersebut bermula dari informasi pilot Twin Otter Trigana Air yang melakukan penerbangan di sekitar area Kabupaten Pegunungan Bintang. Usai mendapat laporan itu, tim SAR langsung bergerak cepat dan mengkonfirmasi adanya serpihan pesawat tersebut. 

Saat ini, lanjut Hadi, proses pencarian akan difokuskan di sekitar lokasi penemuan serpihan pesawat tersebut. 

Pesawat milik PT Trigana Air Service jenis ATR 42 dengan nomor registrasi PK-YRN dan nomor penerbangan IL-257 hilang kontak dalam penerbangan Jayapura-Oksibil, Minggu (16/8/2015). Pesawat yang membawa lima kru dan 49 penumpang itu memiliki rute Jayapura-Oksibil. 

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, pesawat lepas landas pada pukul 14.22 WIT dari Bandara Sentani, Jayapura, dengan tujuan Bandara Oksibil, dan diperkirakan tiba di Oksibil pada pukul 15.04 WIT. Pada pukul pukul 15.00 WIT, pihak menara Bandara Oksibil coba melakukan kontak dengan pesawat, tetapi tidak ada jawaban. 

Pada pukul 15.30 WIT, pesawat ATR PK YRR dengan pilot Kapten Agus terbang menuju lokasi sekitar hilangnya kontak pesawat Trigana di Ambisibil. Namun, Kapten Agus tidak menemukan obyek.

Pada pukul 17.25 WIT, pesawat PK YRR mendarat di Bandara Sentani dengan hasil nihil karena cuaca di daerah Ambisibil sudah gelap. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved