TribunJateng/
Home »

Video

VIDEO Air Sungai Kamal Berubah Jadi Pink, Ikan-ikan Pada Mati Terapung

VIDEO Air Kamal Berubah Jadi Pink, Ikan-ikan Pada Mati Terapung

TRIBUNJATENG.COM, BREBES- Sejumlah warga Brebes kaget melihat perubahan warna Sungai Kamal di Brebes, yang tiba-tiba menjadi pink atau merah muda.

Setelah itu disusulnya fenomena lainnya yaitu banyak ikan mati yang ditemukan terapung di permukaan sungai Kamal tersebut. (Baca juga Warga Ini Bingung Semua Ikan Berwarna Pink)

Sungai Kamal sepanjang kira-kira 4 kilometer itu juga menjadi sumber pengairan irigasi warga setempat. Namun begitu mengetahui air berwarna pink maka petani setempat enggan mengalirkan air ke sawahnya. Mereka tahuk air itu mengandung limbah beracun.

Berbagai jenis ikan yang mati tak hanya berada di satu titik saja. Hal itu banyak dijumpai di aliran sungai tersebut. Selain mematikan biota Sungai Kamal, kondisi air sungai yang bewarna merah muda ini dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

"Memang warga desa sini tidak lagi berani menggunakan air sungai ini untuk keperluan apapun. Baik pertanian ataupun kebutuhan air yang lainya. Selain airnya nggak bersih dan bewarna merah muda, juga miris melihat ikan-ikan disungai banyak yang mati. (Baca Juga: Perseteruan Rossi Vs Marquez Berdampak pada Sponsor)

Kalau waran air sungai yang seperti ini digunakan, selain membahayakan biota sungai, tentu saja juga akan merusak tanaman. Dan yang paling dikhawatirkan berdampak buruk pada manusia. Makanya warga disini nggak berani pakai air Sungai Kamal," ungkapnya. (TRIBUNJATENG/FAJAR EKO NUGROHO)


Penulis: fajar eko nugroho
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help