Sweet Home

Konsep Penataan Interior Rumah ala Chief Engineer Kapal

tampilan luar ini tak bakal membuat tamu merasa sumpek begitu masuk ke dalam rumah.

Konsep Penataan Interior Rumah ala Chief Engineer Kapal
tribun jateng/dini suciatiningrum
Di ruang tamu, Titi memasang kertas dinding motif bunga yang memiliki warna dasar krem. Titi meyakini, warna tersebut menciptakan suasana hangat. 

Rumah Wahyudi - Titik Wahyuni
Alamat: Pedurungan Lor, Kota Semarang.
Luas lahan: 218 meter persegi
Luas bangunan: 200 meter persegi
Tipe bangunan: 2 lantai

RUMAH pasangan Wahyudi (31) dan Titi Wahyuni (29) di Pedurungan Lor, Kota Semarang, terlihat mungil. Bahkan, dari luar, rumah berkonsep minimalis modern tersebut terlihat terhimpit di antara bangunan sekitar.

Namun, tampilan luar ini tak bakal membuat tamu merasa sumpek begitu masuk ke dalam rumah. Pemasangan plafon setinggi empat meter membuat Titi dan suami sukses membuat ruang dalam rumah lega, megah dan tidak monoton. "Sirkulasi udara juga lebih baik sehingga tidak pengap," kata Titi.

Tidak hanya luas, kesan mewah juga muncul lewat pemasangan wallpaper. Titi sengaja membalutkan pelapis tembok menggunakan motif yang tak sama untuk ruangan yang berbeda. Tujuannya, membuat penghuni rumah betah.

Di ruang tamu, Titi memasang kertas dinding motif bunga yang memiliki warna dasar krem. Titi meyakini, warna tersebut menciptakan suasana hangat. Sedangkan di ruang keluarga dan kamar utama, dia memasang wallpaper warna ungu yang menghadirkan suasana romantis. Sementara di kamar anak, warna dasar wallpaper biru bermotif karakter lucu dipilihnya.

Ibu rumah tangga ini sengaja memilih kertas dinding sebagai pewarna ruangan karena alasan kekayaan motif. Juga, ketahanannya yang mencapai tujuh bahkan sepuluh tahun. "Kalau bosan, tinggal dicopot dan diganti yang baru. Tetapi, kemungkinan kecil sebab motif yang saya pilih tidak membosankan," ungkap Titi.

Sebagai pelengkap, pemilihan perabot juga diperhitungkan. Soal ini, Titi menyerahkan kepada sang suami, Wahyudi, yang merupakan Chief Engineer Kapal. Untuk menghadirkan kesan mewah namun klasik, Wahyudi menempatkan furniture dari kayu jati di setiap ruangan.

"Kayu jati juga dikenal awet. Kami meletakkan satu set kursi tamu, tempat makan dan aneka hiasan di sudut rumah yang dipesan khusus dari perajin Kendal," imbuh Titi.

Khusus di ruang keluarga, Titi menempatkan kursi sofa agar lebih nyaman. Menurut wanita berjilbab ini, ruang tengah menjadi ruangan favorit keluarga. Dia pun menata wilayah ini tanpa sekat. Di ruang tengah ada tempat keluarga nonton televisi dan meja makan.

Lantaran lebih luas, Titi mengatakan, ketiga buah hatinya suka bermain di ruangan tengah mulai sepatu roda, mobil-mobilan atau berlar-lari. "Saya pun mudah mengawasi anak-anak bermain di dalam rumah soalnya mereka semua aktif," imbuh Titi.(dni)

Penulis: dini
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help