Destinasi Wonogiri

Kunjungi Museum Kars Dapat Bonus Susuri tujuh Gua

Liburan dan memeroleh ilmu baru selalu didapat saat berkunjung ke museum. Tak terkecuali, saat datang ke Museum Kars Indonesia.

Kunjungi Museum Kars Dapat Bonus Susuri tujuh Gua
tribun jateng/rika irawati
Museum Kars Indonesia di Wonogiri 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rika Irawati

TRIBUNJATENG.COM - Liburan namun tetap memeroleh ilmu baru selalu didapat saat berkunjung ke museum. Tak terkecuali, saat datang ke Museum Kars Indonesia.


(tribun jateng/rika irawati)

Museum ini terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Keberadaannya memang belum terlalu populer. Apalagi, lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Wonogiri, sekitar 40 Km atau satu jam perjalanan menggunakan kendaraan umum.

Bangunan museum terlihat unik dengan bentuk limas. Letaknya di lembah. Meski dikelilingi pepohonan, suasana panas tetap terasa. Pasalnya, museum ini berada di kawasan pegunungan kapur.

Pengunjung membaca penjelasan terkait kars di Indonesia di dinding <a href='http://jateng.tribunnews.com/tag/museum' title='Museum'>Museum</a> Kars Indonesia di <a href='http://jateng.tribunnews.com/tag/wonogiri' title='Wonogiri'>Wonogiri</a>
Pengunjung membaca penjelasan terkait kars di Indonesia di dinding Museum Kars Indonesia di Wonogiri. (tribun jateng/rika irawati)

Namun, suasan tersebut segera berganti sejuk ketika memasuki bangunan utama museum. Setelah mengisi buku tamu, perjalanan menjelajah museum pun dimulai. Menurut papan petunjuk yang ada, destinasi pertama diberi label Kars untuk Ilmu Pengetahuan.

Ruangan di lantai satu ini menampilkan panel poster tentang terjadinya batu gamping dan kars, peta penyebaran batuan karbonat dan tipe-tipe kars di Indonesia.

Ada juga peragaan koleksi museum, di antaranya pembentukan koral batu karang, staklatit (batangan kapur di langit-langit gua dengan ujung meruncing ke bawah) dan staklamit (batangan kapur yang muncul dari dasar gua dan berbentuk sedikit runcing). Ada pula fosil koral yang telah dihaluskan dan dibentuk menyerupai batu akik.

Fosil koral menjadi koleksi <a href='http://jateng.tribunnews.com/tag/museum' title='Museum'>Museum</a> Kars Indonesia di <a href='http://jateng.tribunnews.com/tag/wonogiri' title='Wonogiri'>Wonogiri</a>
Fosil koral menjadi koleksi Museum Kars Indonesia di Wonogiri. (tribun jateng/rika irawati)

Halaman
123
Penulis: rika irawati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved