Sweet Home

Tips Mendesain Kolam Renang yang Nyaman

Jika area luas, desain bisa lebih fleksibel. Namun jika dihadapkan pada keterbatasan ruang, jalan keluarnya dapat dipilih bentuk memanjang

Tips Mendesain Kolam Renang yang Nyaman
tribunjateng/HERMAWAN HANDAKA

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini Suciatiningrum

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ada beberapa keuntungan dari rumah yang memiliki kolam renang. Diantaranya rumah terasa sejuk dan lebih luas.

"Suasana sejuk berasal dari proses evaporasi air yang terkena sinar matahari, menguap kemudian menjadikan udara di sekitar lebih lembab," kata interior design Interior Consult Contraktor (Icon), Lejar Triprasetyo.

Dalam pandangan interior, kolam renang memberikan kesan luas karena ada lokasi terbuka. Belum lagi pantulan bayang dari air yang akan memberikan pemandangan penuh estetika. Cahaya akan memantulkannya ke dinding maupun langit-langit ruang.

Menurut Lejar, mendesain rumah yang memiliki kolam renang memerlukan perencanaan matang. Jika area luas, desain bisa lebih fleksibel. Namun jika dihadapkan pada keterbatasan ruang, jalan keluarnya dapat dipilih bentuk memanjang.

Jika menginginkan pemandangan yang lebih kaya estetika, bisa ditambahkan aksesoris. Sebagai misal air mancur atau pancuran dengan nilai plus bunyi gemericik yang memberi kesan lebih alami.

Suasana alami juga bisa dibangun dengan menambahkan taman kecil atau tanaman merambat pada dinding. Kemudian campuran kerikil di sekitaran kolam yang bertujuan memberikan pengaruh daya serap air setelah berenang agar tidak becek.

Yang perlu diperhatikan saat akan membangun kolam renang, pertama pastikan luas tanah memadai, kedua pastikan layout kolam tidak mengganggu ruang ruang yang lain, ketiga perawatan pada kolam untuk menjaga kebersihan dan sirkulasi air bersih dan air kotor perlu diperhatikan agar terhindar dari penyakit kulit.

Lejar pun berbagi tips merawat kolam agar tetap awet dan bersih.
1. Pastikan kolam renang tersebut memiliki filter yang baik. Filter yang paling baik berupa pasir dalam sistem penyaringannya dan mudah untuk dibersihkan.
2. Cek secara berkala baik baik air maupun filter.
3. Atur sirkulasi air bersih dan kotor yg baik dapat menghemat listrik dan tenaga. (*)

Penulis: dini
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help