Tugas KPU Semarang Tinggal Menghitung Pengeluaran Anggaran Pilkada 2015

Tugas KPU Semarang Tinggal Menghitung Pengeluaran Anggaran Pilkada 2015

Tugas KPU Semarang Tinggal Menghitung Pengeluaran Anggaran Pilkada 2015
TRIBUNJATENG/DENI SETIAWAN/DOK
Tugas KPU Semarang Tinggal Menghitung Pengeluaran Anggaran Pilkada 2015

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Hari ini, Rabu (23/12/2015), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang menyerahkan Surat Keputusan Nomor 76/Kpts/KPU-KabSMRG 012.3292232/2015 kepada pimpinan DPRD Kabupaten Semarang di Gedung Pimpinan Kompleks DPRD Jalan Diponegoro Ungaran.

Selain SK perihal Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang 2015, KPU juga menyerahkan surat pengusulan pengesahan dan pengangkatan pasangan calon terpilih untuk dijadikan Bupati dan Wakil Bupati Semarang periode 2016-2021 bernomor 322/KPU-KabSMG - 012.329232.

“Penyerahan SK dan usulan berikut lampiran berita acara, dokumen, hingga berkas pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 itu sebagai penanda apabila tugas kami sudah selesai. Tugas kami selanjutnya adalah evaluasi, pemberkasan, dan menghitung pengeluaran anggaran dalam pelaksanaan pilkada,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Semarang Guntur Suhawan kepada Tribun Jateng, Rabu (23/12/2015).

Dia mengutarakan, penyerahan kepada pimpinan dewan tersebut pun atas dasar peraturan dari KPU Pusat. Sehari setelah penetapan yang ditetapkan dalam rapat pleno kemarin, Selasa (22/12/2015). Setelah diserahkan, seluruh hal berkait pelantikan calon terpilih menjadi wewenang penuh DPRD Kabupaten Semarang. Pihaknya hanya sekadar mengusulkan dari hasil penetapan pasca pemungutan suara.

“Usulan kami yakni Februari 2016. Tetapi kepastian waktu pelantikan, itu menjadi wewenang DPRD Kabupaten Semarang. Alurnya, dari DPRD Kabupaten Semarang diusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melalui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Alur tersebut pun sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 Pasal 160 Ayat 4,” jelasnya.

Adapun berkaitan kegiatan pasca Pilkada, lanjutnya, seperti evaluasi, pembuatan buku laporan, pengecekan fisik logistik, hingga perhitungan anggaran bakal dilaksanakan KPU mulai pekan depan. Apabila dalam perhitungan anggaran masih ada sisa, bakal dikembalikan ke Pemkab Semarang atau kas negara. Dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Semarang 2015, pihaknya memperoleh alokasi anggaran APBD 2015 sebesar Rp 16,3 miliar.

Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bambang Kusriyanto menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada KPU yang telah sukses dalam penyelenggaraan Pilkada 2015. Mulai dari sisi partisipasi masyarakat, keamanan, hingga regulasi hingga saat ini tidak ada masalah, tidak ada ekses yang menghambat proses kelancaran dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang.

“Sesuai amanat Undang-Undang, dalam waktu dekat, kami akan membuat dan mengirimkan surat usulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Semarang Terpilih kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah. Kami hanya sebatas mengusulkan dan melaporkan. Untuk proses pelantikan kapan dan bagaimananya, yang berwenang adalah Mendagri. Yang melantik adalah Gubernur Jawa Tengah,” ujar Bambang.(*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help