Outlook 2016

Begitu Dilantik Jadi Walikota Semarang, Apakah Hendi akan Rombak Kepala Dinas?

Begitu Dilantik Jadi Walikota Semarang, Apakah Hendi akan Rombak Kabinet?

Begitu Dilantik Jadi Walikota Semarang, Apakah Hendi akan Rombak Kepala Dinas?
tribunjateng/m sofri kurniawan
Ketua KPU Kota Semarang menyerahkan salinan surat penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih kepada Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti di Gedung Moch Ichsan, lantai 8 Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda 148, Kota Semarang, Selasa (22/12/2015). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Calon Walikota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) dan calon wakil walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita), segera dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Semarang periode 2015-2015. Apakah Hendi-Ita akan merombak kabinet di Pemkot Semarang, setelah nanti dilantik? Berikut ini jawaban Hendi atas pertanyaan tersebut.

Persoalan internal di Pemkot yang biasanya muncul pada masa pemerintahan baru adalah penataan atau bahkan perombakan birokrasi atau Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK), adakah rencana khusus Anda mengenai persoalan itu pada 2016?

Saya sudah kenal lama sama kawan-kawan birokrasi. Mereka teamwork cukup kapabel. Tapi kami lihat lagi setelah pelantikan. Saya akan lihat lagi apakah apa yang saya lihat dengan Mbak Ita, sesuai kinerja atau tidak. Kami tidak akan buru-buru mengganti begitu saja. Akan kami sesuaikan dengan kondisi di lapangan nantinya.

Apa harapan Anda pada jajaran birokrasi di Pemkot Semarang?
Harus selalu diingat apa yang kemarin menjadi komitmen kita bersama bahwa pejabat, PNS, dan seluruh keluarga besar PNS adalah orang-orang di mata masyarakat sebagai figur luar biasa beruntung karena digaji negara digaji pemeritah pusat dengan standar yang sudah bagus. Harus kami pikirkan bagaimana PNS dan keluarga besar menjadi bagian terpenting dalam sebuah kemajuan wilayah. Artinya, jangan lagi ada PNS mencari kesempatan tugas mereka melayani masyarakat dengan pungli-pungli, sudah tidak jaman lagi. PNS harus menjadi lebih sadar bahwa tugas mereka melayani masyarakat bukan dilayani.

Waktu turun ke bawah, Pak Lurah ketemu warga, tidak perlu warga menyiapkan makanan dengan dianak-anakke. Apalagi, nanti saya sebagai wali kota ke masyarakat, tidak perlu masyakarat urunan, tidak perlulah. Harusnya kami ini yang lebih aktif lagi berperan di masyarakat agar merasakan kehadiran pemerintah agar mereka merasakan kehadiran negara di dalam setiap aspek kehidupan mereka bersosialiasi dan bermasyakat.

Apa pula harapan Anda untuk warga Kota Semarang pada 2016?
Kepada seluruh warga masyarakat, Semarang ini potensinya luar biasa, kita tidak boleh tertinggal dengan kota lain. Orang boleh mengatakan Semarang tertinggal dengan Bandung atau Makassar, tapi coba silakan cek, kita jauh lebih top sepanjang kecintaan warga terhadap Kota Semarang. Karena ujung tombak dari pemasaran sebuah kota ya warganya sendiri.

Warga keluar kota menceritakan kejelekan kota, ya orang di luar akan melihat Semarang kota yang jelek, kumuh, dan kotor. Mari kita mencoba menjadi marketing bagus kemudian bercerita di Semarang ini ada tempat wisata, misalnya, Waduk Jatibarang dengan wisata airnya dan seterusnya dan sangat indah. Ini akan menjadi sebuah daya tarik orang datang ke Semarang.

Ceritakan Semarang bersih. Kabarkan bersih karena memang kita punya ruas-ruas jalan yang bersih. Cerita kumuhnya ada banyak semua kota di bangsa ini ada wilayah yang kumuh. Justru introspeksi ke dalam, 'Pak, masih ada tempat kumuh, mohon diperbaiki... boleh. Pak, masih ada tempat tidak tersentuh Pemkot, sampah bertebaran, ayo koreksi, Pak... boleh. Yang jelek-jelek, ceritakan ke wali kota atau Pemkot sehingga akan ada sebuah solusi. Yang baik-baik, ceritakan keluar supaya orang di luar Kota Semarang berbondong-bondong datang ke Semarang. (tribunjateng/galih permadi)

HENDRAR PRIHADI
Tempat, tanggal lahir: Semarang, 3 Maret 1971
Istri: Krisseptiana
Anak: Anindya Felita Syariendrar, Arya Nardhana Syariendrar, Marsanda Dara Syariendrar
Alamat: Jalan Lempongsari Raya Nomor 372 Semarang
Pendidikan: S1 Unika Soegijapranata (1997), S2 Magister Manajemen Undip (2002)
Karier politik:
- Ketua DPC PDIP Kota Semarang (2010-sekarang)
- Anggota DPRD Jateng (2009-2010)
- Wakil Wali Kota Semarang (2010-2013)
- Wali Kota Semarang (2013-2015)

Penulis: galih permadi
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved