Heboh Gafatar

Ratusan Eks Gafatar di Donohudan Menolak Dipulangkan ke Daerah Asal

Ratusan Eks Gafatar di Donohudan Menolak Dipulangkan ke Daerah Asal

Ratusan Eks Gafatar di Donohudan Menolak Dipulangkan ke Daerah Asal
tribunjateng/dok
Ratusan Eks Gafatar di Donohudan Menolak Dipulangkan ke Daerah Asal 

Laporan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sri Puryono mengungkapkan, masih terdapat sebanyak 695 orang eks Gafatar di Asrama Haji Donohudan (AHD), Boyolali. Sebanyak 31 orang di antaranya berasal dari Jateng dan akan segera dijemput oleh pemerintah daerah asalnya.

“Untuk yang dari Jateng kabarnya mau diambil hari ini (kemarin) oleh pemerintah kabupaten asalnya,” katanya, Jumat (5/2). Sedangkan sebanyak 664 orang eks Gafatar berasal dari Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Aceh. Dari hasil dialog antara petugas Kesbangpolinmas Jateng dengan para eks Gafatar, mereka menolak dikembalikan ke daerah asal.

“Dari hasil dialog dengan 664 orang itu mereka tidak mau pulang, katanya ingin di Jawa saja,” tuturnya. Maka pada Selasa (9/2) mendatang Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhamad Hanif Dhakiri, dan Menteri terkait akan ke Jateng guna membahas langkah penanganannya.

“Sebab kalau tidak, kita ya repot ngopeni wong 664 (mengurus 664 orang). Jika mau ditransmigrasikan sesuai wacana Bu Mensos itu, kan harus disiapkan,” katanya.

Sampai saat ini, lanjutnya, pihaknya sudah berupaya mengirimkan surat ke Pemprov Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD), agar mengambil warganya yang ditampung di AHD. “Kita sudah kirimkan surat sampai tiga kali, tapi belum ada gregetnya. Kalau sudah begitu, kan pemerintah pusat harus turun,” katanya.

Pemprov Jateng selama ini sudah mengambil kebijakan memberi fasilitas terbaik, mulai tempat penampungan maupun kebutuhan sehari-hari lainnya selama di AHD. Bahkan saat kedatangan, disambut langsung oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko. (*)

Penulis: m nur huda
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help