Kelompok Tani di Pati Dapat Dana Hibah Rp 1 Miliar Lebih

Masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan bervariasi antara Rp 25-50 juta untuk menunjang sarana pertanian maupun pengembangan peternakan

Kelompok Tani di Pati Dapat Dana Hibah Rp 1 Miliar Lebih
tribunjateng/mamdukh adi priyanto
Petani kelompok tani mustika memanen padi varietas hitam 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemkab Pati melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Pati menyerahkan bantuan hibah sarana prasarana pertanian kepada 36 kelompok tani dan ternak, dengan nilai hibah sebesar Rp 1,235 miliar.

Masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan bervariasi antara Rp 25-50 juta untuk menunjang sarana pertanian maupun pengembangan peternakan.

"Penggunaan dana hibah dapat dipergunakan sesuai kebutuhan tiap kelompok tani dan ternak. Kami harap kelompok tidak menyalahi penggunaan dana hibah sesuai proposal yang telah diajukan," kata Bupati Pati, Haryanto, Senin (21/3/2016).

Menurutnya, tiap kelompok tani memiliki tanggungjawab untuk mengelola dana hibah sesuai ketentuan yang ada. Kelompok tani harus menggunaakan dana sesuai peruntukannya.

"Jangan sampai terkena dampak hukum, hanya karena tidak mentaati ketentuan bagi penerima dana hibah," tandas Haryanto.

Dana bantuan hibah ini semestinya diberikan tahun lalu. Namun karena terbentur peraturan, dana baru bisa diserahkan tahun ini kepada kelompok penerima bantuan.

Proses pencairan dana memang membutuhkan waktu dan diberikan pada kelompok yang benar-benar memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan, agar tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.

"Kelompok tani dan ternak yang menerima bantuan hari ini, sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan hibah. Hanya ada satu kelompok yang tidak menerima hibah karena persyaratannya kurang, maka oleh Dispertanak ditahan dulu," imbuhnya.

Ia berharap produksi tanaman pangan dan peternakan di Kabupaten Pati terus mengalami peningkatan. Sehingga Pemkab Pati terus melakukan upaya dalam mengakomodir kebutuhan kelompok tani melalui pemberian bantuan alat sistem pertanian (alsintan), sarpras, pendampingan kelompok tani dan pemberian hibah. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved