PKS akan Usung Suswono Mantan Menteri Maju di Pilkada Brebes

PKS akan Usung Suswono Mantan Menteri Maju di Pilkada Brebes

PKS akan Usung Suswono Mantan Menteri Maju di Pilkada Brebes
TRIBUNJATENG/FAJAR EKO NUGROHO
Mantan Menteri Pertanian Ir Suswono MM meninjau lokasi lahan pertanian di Desa Tegalglagah Kecamatan Bulakama Brebes 

Laporan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, BREBES- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berniat mengusung Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2009-2014, Suswono, untuk maju pada Pilkada 2017 mendatang, sebagai calon Bupati Brebes.

Hal itu diungkapkan, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Brebes, Abdullah Syafaat, Rabu (23/3/2016). Ia mengaku, sudah mengincar Suswono sejak tahun lalu sebagai calon Bupati Brebes pada 2017 mendatang.

Pasalnya, semasa kepemimpinanya menjadi seorang menteri pertanian dan anggota DPR RI Suswono kerap kali berkunjung sekaligus mendengarkan aspirasi petani di Brebes. Sehingga, ia dinilai sudah dikenal masyarakat sebagai orang yang peduli dengan Brebes.

"Kami melihat Kabupaten Brebes ini butuh pemimpin yang mumpuni, makanya kami datang ke Pak Suswono menawarkan maju sebagai Calon Bupati Brebes," ujar Abdullah Syafaat.

Awalnya, kata dia, Suswono masih ragu dengan tawaran pengurus PKS Brebes yang memintanya menjadi bakal calon Bupati. Saat itu, lanjutnya, Suswono meminta waktu untuk berfikir. Namun, karena terus didesak, Suswono akhirnya bersedia dicalonkan.

"Selain dari pengurus, ada sejumlah tokoh masyarakat Brebes yang turut mendesak Suswono," ungkapnya.

Dia menjelaskan pada kepemimpinan Bupati Mohammad Tajudin Noor Aly (1999- 2004), Brebes sudah pernah menduduki peringkat ke-18 dari 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Namun, setelah kepemimpinan Tajudin yang berakhir pada tahun 2001, Brebes krisis kepemimpinan.

Bahkan, salah satu bupati yang saat itu menggantikan, yakni Indra Kusuma dipenjara gara-gara terlibat kasus korupsi pada 2010 lalu. "Setelah kepemimpinan pak Tajudin berakhir, peringkat Brebes kembali ke angka 35," imbuhnya.

Ia menambahkan, meskipun Suswono bukan putra daerah Brebes, Syafaat yakin ia dapat bersaing dengan calon-calon lainnya, termasuk menantang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), partai penguasa di Brebes saat ini.

Suswono pernah menjadi Anggota DPR RI mewakili daerah pilihan Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Brebes). PKS punya 6 kursi di DPRD Brebes, sedangkan PDIP 11 kursi. Syarat minimal pengajuan, didukung oleh 10 kuris di DPRD Brebes. (*)

Penulis: fajar eko nugroho
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved