Ototrend

Pakai Aplikasi T Bike Bisa Pantau Posisi Sepeda Motor dan Matikan Mesin dari Jauh

Pakai Aplikasi T Bike Bisa Pantau Posisi Sepeda Motor dan Matikan Mesin dari Jauh

Pakai Aplikasi T Bike Bisa Pantau Posisi Sepeda Motor dan Matikan Mesin dari Jauh
tribunjateng/hesty
Pakai Aplikasi T Bike Bisa Pantau Posisi Sepeda Motor dan Matikan Mesin dari Jauh 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Maraknya kasus pencurian sepeda motor membuat Nanang Kuswoyo khawatir. Ia pun memutar otak agar selalu tenang ketika memarkir sepeda motornya di kos atau di kantor.

Akhirnya, untuk menunjang keamanan sepeda motornya, sudah tiga bulan ini Nanang menggunakan aplikasi keamanan milik Telkomsel, T Bike. Keberadaan T Bike membuat Nanang bisa memantau keberadaan sepeda motornya secara real time. Bahkan, ia bisa mematikan mesin sepeda motornya dari jauh..

"Saya hanya tinggal melakukan tap pada aplikasinya sehingga kapanpun saya bisa mematikan mesin motor saya," ujarnya.

Kelebihan lainnya adalah ia bisa mengetahui history perjalanan sepeda motor. Oleh karena itu, sambung Nanang, aplikasi ini tepat digunakan untuk pemilik rental kendaraan.

Memasang peralatan tersebut juga cukup mudah dan tidak butuh waktu lama. Pria kelahiran Semarang 18 Juni 1981 itu mengaku hanya butuh 30 menit untuk memasang T Bike.

"T Bike itu dipasang di bagian dalam mesin sepeda motor kemudian saya tinggal login di handphone dengan menggunakan aplikasi sehingga saya bisa memantau real timenya," terang dia.

Setelah alat terpasang, Nanang kemudian mengunduh aplikasi melalui paket data. "T Bike itu berfungsi dengan baik di ponsel saya. Saya hanya butuh berlangganan paket data Rp 75 ribu bisa mengaksesnya kapan saja," lanjutnya.

Dalam tiga bulan terakhir, T Bike di sepeda motornya tidak pernah mengalami masalah. Pun halnya dengan fungsi layaknya GPS, kata Nanang, tidak ada kendala. Ia merasa, keberadaan alat itu memberinya ketenangan saat memarkir sepeda motornya.

Corporate Communications Telkomsel Jawa Tengah dan DIY, Agus Budi Prasetiyono menjelaskan, T Bike adalah layanan M2M alias machine to Machine. Aplikasi ini mampu memonitor, memandu dan mengendalikan motor dari ponsel pintar. Menurut Agus, ada dua keunggulan T Bike, yaitu fitur lengkap serta cara pemasangan mudah dan cepat.

Aplikasi ini lahir karena banyaknya masalah yang dihadapi pemilik sepeda motor. Mulai dari rawan pencurian, kecelakaan, tidak tertibnya perliaku berkendara dan lain sebagainya.

"Melihat kenyataan ini, Telkomsel mengembangkan T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap. Misalnya, memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS," terangnya.

Didukung sistem GPS yang canggih, T Bike juga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time, pelaporan detail perjalanan, pembatasan kecepatan, wilayah operasional hingga pembatasan kecepatan.

Yoyo, demikian ia biasa disapa menambahkan, T-Bike merupakan kelanjutan layanan T-Drive yang telah terlebih dahulu diperkenalkan Telkomsel untuk moda transportasi kendaraan roda empat. (tribunjateng/hesty imaniar)

Penulis: hesty imaniar
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help