TribunJateng/

Smart Women

Lebih Dekat dengan Afrida Branch Operasional Supervisor BRI Syariah Majapahit Semarang

Lebih Dekat dengan Afrida Branch Operasional Supervisor BRI Syariah Majapahit Semarang

Lebih Dekat dengan Afrida Branch Operasional Supervisor BRI Syariah Majapahit Semarang
tribunjateng/hermawan handaka
AFRIDA KUSUMAWATI Branch Operation Supervisor Bank BRI Syariah Cabang Majapahit 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Jarum jam menunjuk pada angka 16.35. Suasana di ruang pelayanan kantor cabang BRI Syariah Majapahit, Kota Semarang, lengang. Namun, Afrida Kusumawati masih sibuk mengemas berkas yang tertumpuk di meja.

Perempuan kelahiran Kudus, 16 April 1976, tersebut mengatakan, pulang sore sudah menjadi rutinitas. Sambil mempersilakan Tribun Jateng duduk, Afrida mulai menceritakan perjalanan karir di dunia perbankan yang telah dijalani 15 tahun.

Bekerja di bank sudah menjadi cita-cita wanita berjilbab ini sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Hampir sama dengan kebanyakan orang, dia ingin terjun di dunia perbankan lantaran melihat pekerjaan ini memiliki prestise atau memberi kebanggaan.

Namun, usaha meraih mimpi itu tak mulus. Saat ingin melanjutkan kuliah di jurusan yang mendukung cita-cita, Afrida harus menerima kenyataan tak lolos seleksi. Akhirnya, dia melanjutkan kuliah di jurusan Peternakan. "Jurusan peternakan ini merupakan pilihan ketiga saat mendaftar kuliah, tentu ini jauh dari apa yang saya bayangkan," cerita Afrida.

Meski "salah jurusan", Afrida tak patah arang. Lulus kuliah, dia mencoba peruntungan lewat cara mendaftar di sebuah bank. Ternyata, usaha kali ini berhasil dan dia diterima bekerja di bank. Sekira tahun 1998, dia ditempatkan di Jakarta setelah dua tahun menjalani Officer Development Program (ODP) yang diadakan perusahaan. Awalnya, Afrida ragu lantaran ditempatkan di Jakarta. Apalagi, suasana ibu kota saat itu masih mencekam pasca kerusuhan yang mengiringi era reformasi.

"Seingat saya, dulu daftar di Bank Bali yang sekarang berubah nama menjadi Bank Permata. Setelah diterima dan ikut ODP dua tahun, saya senang sekaligus waswas mengetahui ditempatkan di Jakarta. Tapi, nekat saja, dijalani karena sudah suka profesi ini," katanya.
Delapan tahun bekerja di ibu kota, Afrida hijrah ke Semarang. Dia sempat pindah ke beberapa bank sebelum kini berlabuh di BRI Syariah. "Saya pindah karena mengikuti suami dan supaya dekat kampung halaman (Kudus)," terangnya.

Selama 15 tahun berkecimpung di dunia perbankan, Afrida sudah mencicip sejumlah posisi, baik di sektor operation maupun bisnis. Menurutnya, masing-masing posisi memberi tantangan yang banyak membantu menyelesaikan tugas di posisi yang dicapai sekarang, branch operational supervisor. "Bagi saya, di operasional maupun di bisnis menjaring nasabah, ada tantangan yang berbeda. Kebetulan, saya senang sehingga tak kesulitan menjalani. Bahkan, pengalaman-pengalaman itu memudahkan saya mengerjakan tugas sebagai branch operational supervisor," ujarnya.

Sebagai seorang yang punya tanggungjawab mengelola uang nasabah, Afrida menyebut, pelayanan yang baik menjadi hal utama. Dia harus mengelola secara sungguh-sungguh kepercayaan agar nasabah loyal. Wawasan yang luas dan komunikasi yang baik menjadi kunci Afrida membangun kepercayaan mereka. Apalagi, saat ini, persaingan antar bank makin ketat. "Fokus utama saya pada nasabah lama. Itu sebabnya, pelayanan harus dioptimalkan," ujarnya.

Yang tak kalah penting, Afrida harus menjaga integritas dalam menjalankan tugas. Dia tak menampik, bekerja di bank yang satu di antara tugasnya mengelola uang nasabah dapat menimbulkan godaan penyelewengan. Karena itu, Afrida selalu berusaha jujur dan mengontrol hasrat lewat memperkuat iman. Dia juga berkaca dari pengalaman rekan-rekan yang akhirnya jatuh gara-gara tak menghiraukan persoalan integritas.

"Kerja di bank punya godaan banyak apalagi setiap hari lihat uang. Tapi, di situ kan ada amanah dari nasabah yang harus diemban agar uang mereka dikelola secara baik, bukan sebaliknya. Nah, disini, integritas kami diuji. Alhamdulillah, selama ini saya masih memegang prinsip integritas, tak hanya menjaga tetap jujur tetapi juga iman yang kuat," ungkapnya. (tribunjateng/galih priatmojo)

BIODATA

Nama: Afrida Kusumawati
Lahir: 16 April 1976
Jabatan: Branch Operation Supervisor Bank BRI Syariah Cabang Majapahit
Suami: Gunawan SP MT
Anak:
1. Nohan
2. Anya

Penulis: galih priatmojo
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help