TribunJateng/

Hari Kartini

Begini Suasana Hari Kartini di SMAN 2 Brebes, Habis Upacara Ada Kegiatan Seru Lho

Begini Suasana Hari Kartini di SMAN 2 Brebes, Habis Upacara Ada Kegiatan Seru Lho

Begini Suasana Hari Kartini di SMAN 2 Brebes, Habis Upacara Ada Kegiatan Seru Lho
TRIBUNJATENG/FAJAR EKO NUGROHO
HARI KARTINI- Seluruh murid SMA N 2 Brebes mengenakan pakaian kebaya dan batik saat upacara bendera memperingati Hari Kartini di sekolahnya, Kamis (21/4/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Dalam rangka memperingati hari Kartini, seluruh siswa-siswi di SMAN 2 Brebes, diwajibkan memakai baju kebaya bagi siswa perempuan dan baju batik ataupun baju adat jawa bagi siswa laki-laki sebagai pengganti seragam sekolah, Kamis (21/4/2016).

Kepala SMN 2 Brebes, Sadimin mengatakan, jika mengajak para siswanya untuk berpakaian adat untuk menghargai perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini, yang dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita.

"Kami tanamkan pendidikan pada anak agar cinta dengan Pahlawan termasuk RA Kartini," ujar Sadimin.

Di SMA N 2 Brebes ini, tidak hanya ratusan siswa-siswi saja yang mengenakan kebaya dan baju adat ataupun baju batik, namun para guru di sekolah ini juga melakukan hal serupa.

"Para guru juga kami wajibkan," imbuhnya.

Meskipun memakai kebaya dan batik para siswa terlihat cukup bersemangat, mulai saat mengikuti upacara bendera di halaman sekolah, hingga jam pelajaran berlangsung.

"Ya mungkin meskipun tidak terbiasa, tapi memang sedikit kurang nyaman dengan pakaian kebaya seperti ini, tapi ini semua untuk mengenang perjuangan ibu kita kartini," kata dia.

Dalam rangka perayaan Hari Kartini di sekolahnya, kata Sadimin, juga ada beberapa kegiatan lainya seperti lomba membaca puisi, lomba photography, dan lomba memasak bagi guru perempuan untuk bapak-bapaknya. (*)

Penulis: fajar eko nugroho
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help