Hari Kartini

Penampakan 5.000 Lampion Jepara Menerangi Nusantara Seperti RA Kartini

Penampakan 5.000 Lampion Jepara Menerangi Nusantara Seperti RA Kartini

Penampakan 5.000 Lampion Jepara Menerangi Nusantara Seperti RA Kartini
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Festival 5.000 lampion mampu menyedot ribuan warga. Tidak hanya warga dari Kabupaten Jepara, tapi juga dari luar Jepara. Ribuan lampion yang menjadi simbol cahaya dari Jepara menerangi nusantara itu, menerangi langit Pantai Bandengan Jepara, Rabu (20/4) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Festival 5.000 lampion mampu menyedot ribuan warga. Tidak hanya warga dari Kabupaten Jepara, tapi juga dari luar Jepara. Ribuan lampion yang menjadi simbol cahaya dari Jepara menerangi nusantara itu, menerangi langit Pantai Bandengan Jepara, Rabu (20/4) malam.

Ribuan lampion dilepas secara simbolis oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi, Wakil Bupati Jepara Subroto dan pimpinan forkopinda di Kota Ukir. Ribuan warga tumpah ruah di Pantai Bandengan, Jepara.

Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi mengatakan kegiatan pelepasan ribuan lampion ke langit ini sengaja digelar malam hari tanggal kelahiran RA Kartini. Ribuan lampion itu menjadi simbol yang mewakili peran besar Kartini dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan sekaligus mengangkat serta memberdayakan perempuan Indonesia.

"Dengan lampion ini, istilahnya dari Jepara menerangi Nusantara," kata Marzuqi.

Nama harum Kartini, kata dia, tidak hanya dikenal di Indonesia saja namun hingga mancanegara. Bahkan ada sebuah jalan di Belanda yang diberi nama Kartini sebagai apresiasi terhadap perjuangan pahlawan emansipasi perempuan Indonesia tersebut.

Menurutnya, ide, gagasan dan perjuangan Kartini masih relevan hingga sekarang, bahkan masa mendatang. Oleh karena itu, berbagai elemen masyarakat, terlebih yang ada di Jepara harus meneruskan perjuangan Kartini.

"Hal itu bisa terjadi jika ide besar Kartini terus diwariskan dari generasi ke generasi. Apa yang dicita-citakan Kartini harus terus dilanjutkan. Ini tugas kita bersama," tegasnya.

Seorang warga Kecamatan Kalinyamat, Jepara, Mufida Ratna mengaku sangat menikmati pemandangan apik ribuan lampion ketika diterbangkan. Ia pun mengharapkan Pemkab Jepara terus mengadakan acara serupa.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help