Apa Itu Diet Dash, Begini Cara Melakukan, Manfaat dan Pantangannya

Apa Itu Diet Dash, Begini Cara Melakukan, Manfaat dan Pantangannya

Apa Itu Diet Dash, Begini Cara Melakukan, Manfaat dan Pantangannya
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
Apa Itu Diet Dash, Begini Cara Melakukan, Manfaat dan Pantangannya 

News Analysis oleh Arien Himawan MKes Sp GK | dokter Spesialis Gizi Klinik SMC RS Telogorejo Semarang

TRIBUNJATENG.COM - Diet DASH atau Dietary Approach to Stop Hypertension diterapkan khusus untuk penderita hipertensi. Diet ini cenderung mengendalikan, bukan menghentikan hipertensi.
Diet Dash terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Dari penelitian, tensi tinggi akan normal dalam tiga minggu bila rutin serta disiplin menerapkan diet Dash.

Diet ini tentu berbeda penerapannya dari diet lain. Satu misal, diet Mayo yang menghilangkan natrium. Diet Dash tidak menghilangkan namun membatasi. Disarankan, dalam satu hari, asupan natrium hanya 2400 miligram atau satu sendok teh.

Diet Dash juga merupakan diet tinggi serat, buah dan sayur, susu rendah lemak. Berbagai macam protein dari ikan, unggas, dan kacang-kacangan sangat dianjurkan. Konsumsi daging merah, gula boleh namun dalam porsi yang sangat terbatas.
Selain menurunkan tekanan darah yang berpotensi pada penyakit jantung, diet Dash juga dapat mengatur kadar gula dalam darah. Tidak ada efek samping negatif dari diet Dash, bahkan sebaliknya, diet ini bisa dilakukan siapa saja serta sangat cocok untuk memproteksi dari segala macam penyakit berat.

Berikut tips dari Arien Himawan MKes Sp GK, dokter Spesialis Gizi Klinik SMC RS Telogorejo Semarang, bagi Anda yang ingin menerapkan diet Dash:
1. Batasi natrium. Jumlah yang disarankan 2400 mg per hari atau setara satu sendok teh.
2. Periksalah terlebih dulu kandungan yang tertera pada label, pilih yang mengandung sodium rendah atau tanpa garam.
3. Kurangi makanan kalengan kemasan juga fast food.
4. Idealnya, bila ingin memulai diet Dash, konsultasi ke dokter gizi. Namun, bila ingin mulai sendiri, kurangi kadar natrium secara bertahap atau kurangi makanan asin.
5. Lakukan rutin dan disiplin untuk memperoleh hasil maksimal. (tribunjateng/dini)

Penulis: dini
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved