Jemaah Haji 2016

Calon Jemaah Haji Kota Semarang Diberangkatkan ke Donohudan, Ini Pesan-pesan Mbak Ita

Calon Jemaah Haji Kota Semarang Diberangkatkan ke Donohudan, Ini Pesan-pesan Mbak Ita

Calon Jemaah Haji Kota Semarang Diberangkatkan ke Donohudan, Ini Pesan-pesan Mbak Ita
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
Calon jemaah haji kloter 42 asal Kota Semarang diberangkatkan dari Islamic Center Manyaran, Kamis, (25/8/2016) menuju Donohudan Boyolali. 

Laporan Tribun Jateng, Rahdyan Trijoko Pamungkas

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Suasana haru campur bahagia tergambar pada calon jemaah haji kloter 42 asal Kota Semarang yang berkumpul di Islamic Center Manyaran, Kamis, (25/8).

Calon jemaah haji itu akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali diangkut 8 armada bus dan dikawal oleh polisi. Sebelum dberangkatkan calon haji mendapatkan pengarahan dari Kementerian Agama kota Semarang.

Heru Saptono (59) calon jemaah haji asal Jangli Semarang mengaku bahagia bisa diberangkatkan ke tanah suci tahun ini. Dia sudah 5 tahun masuk waiting list atau daftar tunggu. Dia mendaftar berangkat haji tahun 2011.

Persiapan yang dilakukan Heru antara lain, sering jalan kaki agar kuat di tanah suci. Selain itu latihan manasik sudah dilakukan sebanyak dua kali. Barang bawaan antara lain pakaian yang berada di koper miliknya.

“Ada batasan barang bawaan yaitu 32 kilogram yang dibawa di koper. Saya juga tidak bawa makanan karena sudah disediakan makan selama 12 hari. Nanti kalau kurang ya jajan. Saya berharap berangkat ke tanah suci dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar," tuturnya.

Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti melepas calon jamaah haji kloter 42 di Islamic Center Semarang. Ita sapaan akrabnya berpesan agar calon jemaah haji dapat menjaga kondisi fisik selama berada di tanah suci. “Saya dengar suhunya sampai 48 derajat celcius jadi jaga kondisi fisik lahir dan bathin ya," harap Mbak Ita.

Kepala Kementrian Agama kota Semarang Mohammad Habib menuturkan Kloter 42 merupakan kloter pertama yang diberangkatkan di Kota Semarang. Calon jamaah haji yang diberangkatkan pada kloter 42 berjumlah 355 calon jamaah haji.

“Itu murni jamaah haji asal kota Semarang. Jika ditambah dengan petugas menjadi 360 jamaah haji," tuturnya.

Ia menuturkan jumlah keseluruhan jamaah haji asal kota Semarang adalah 1.433 terbagi menjadi 5 kloter yaitu tiga kloter asal kota Semarang dan dua kloter gabungan dari Kabupaten Demak dan Kabupaten Kudus. Calon jemaah haji akan diberangkatkan menuju ke Jeddah pada hari Jumat (26/8) pukul 13.45. Koper calon haji kloter 42 dan 43 sudah diberangkatkan terlebih dahulu ke Asrama Haji Donohudan. (*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help