TribunJateng/

Tips Tawar Menawar Barang saat Belanja di Negeri Orang

Di tempat-tempat ini, biasanya wisatawan bisa menawar harga barang menjadi lebih murah.

Tips Tawar Menawar Barang saat Belanja di Negeri Orang
KOMPAS.com/Caroline Damanik
Area kumpulan pedagang yang menjajakan suvenir khas Australia di Queen Victoria Market, Melbourne, Victoria, Australia. 

TRIBUNJATENG.COM - Belanja adalah salah satu aktivitas favorit saat traveling, terutama jika liburan ke negara lain. Selain toko, pasar tradisional dan pusat oleh-oleh adalah destinasi wisata belanja favorit. Di tempat-tempat ini, biasanya wisatawan bisa menawar harga barang menjadi lebih murah.

Tawar-menawar adalah hal yang lumrah dilakukan saat membeli suvenir untuk oleh-oleh. Namun sebelum mulai menawar harga, simak beberapa tips berikut seperti dihimpun KompasTravel.

1. Gunakan mata uang lokal

Sebelum belanja, pastikan Anda mengetahui mata uang dan nilai uang lokal. Banyak destinasi yang menerima mata uang dollar AS saat belanja. Ben Thanh Market di Ho Chi Minh City (Vietnam) dan Siam Reap Night Market (Kamboja) adalah dua di antaranya.

Namun, hindari menggunakan mata uang lainnya (seperti dollar AS) saat belanja. Gunakan mata uang lokal, dan ketahui betul nilai mata uang tersebut terhadap rupiah.

2. Hindari menghitung di depan penjual

Saat tawar-menawar, penjual biasanya langsung mematok harga barang. Jika belum terbiasa meng-convert ke rupiah, biasanya turis akan mengeluarkan ponsel atau bahkan kalkulator di depan si penjual.

Hindari hal tersebut, karena Anda akan terlihat gampang terkecoh dengan harga. Coba hafalkan di luar kepala berapa nilai mata uang negara tersebut terhadap rupiah. Cobalah hitung sambil melihat-lihat barang lainnya.

lihat
Penjualan suvenir di China Town, Singapura. (KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)

3. Ketahui kisaran harga barang

Halaman
123
Editor: rustam aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help