Indonesia Soccer Championship B

Jelang Lawan Persekap, Pelatih PSIS Coba Dedi Cahyono di Posisi Second Striker

Pelatih Mahesa Jenar ini mencoba formasi 4-4-2 diamond dengan memasang seorang second striker di belakang ujung tombak

Jelang Lawan Persekap, Pelatih PSIS Coba Dedi Cahyono di Posisi Second Striker
Tribun Jateng/M Alfi Mahsun
Dedi Cahyono Putro dalam latihan PSIS Jumat sore di Stadion Jatidiri 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Muhamad Alfi M

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Eko Riyadi jelang laga PSIS Semarang menjamu Persekap Pasuruan, Minggu (9/10/2016) pukul 15:30 sore di Stadion Jatidiri menyiapkan strategi alternatif demi meraih kemenangan perdana di babak 16 besar Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Pelatih Mahesa Jenar ini mencoba formasi 4-4-2 diamond dengan memasang seorang second striker di belakang ujung tombak.

Nama pemain anyar, Dedi Cahyono mulai dicoba pelatih berusia 48 tahun itu untuk menempati posisi di belakang Johan Yoga di lini depan.

Sebelumnya mantan pemain Persis Solo tersebut dimainkan Eko diposisi sayap kanan saat melawat ke markas PSPS Pekanbaru di laga pembuka Grup D akhir pekan lalu dalam formasi utama 4-23-1 yang selama ini digunakan PSIS.

"Ya, kami coba formasi alternatif untuk pertandingan besok lawan Pasuruan. Formasi ini bisa kami gunakan untuk lebih agresif dalam penyerangan," ujar Eko kepada Tribun Jateng, Jumat (7/10/2015) sore.

Formasi 4-4-2 diamond juga dipercaya Eko sebagai salah satu strategi yang bisa memecah apapun strategi lawan. Namun catatannya dia mengatakan di dalam strategi ini punya penyerang di belakang target man yang punya insting dan umpan bagus, bek sayap yang fasih bertahan-menyerang dan punya seorang jendral di lapangan tengah.

Eko pun menilai timnya siap dengan adanya Dedi yang punya naluri menyerang baik di belakang striker. Untuk posisi sayap mantan pelatih Persitema Temanggung itu akan memaksimalkan Harry Nur di kiri dan Arif Yanggi di kanan.

"Kami terus coba strategi ini di samping juga tetap menjadikan 4-2-3-1 sebagai formasi utama. Kami punya pemain yang berpotensi baik di semua lini. Ini yang akan kami maksimalkan," imbuhnya.

Untuk lini tengah di strategi ini peran M. Yunus sebagai gelandang serang dan Bayu Andra sebagai gelandang bertahan juga sentral. Transisi bola dari belakang ke depan diharapkan bisa lebih baik lagi dengan ke lini depan.

"Kami juga terus perbaiki transisi bertahan-menyerang yang di pertandingan lalu jadi problem. Dilini belakang kami juga ada perubahan. Bek kiri saat ini ada Tahar. Sementara di kanan ada Ganjar Mukti dan Heri Susilo," ungkapnya.

Ya, di latihan Jumat pukul 14:00 hanya beberapa pemain yang ikut latihan. Nama Andreantono Ariza, Yogi Ardianto, Jordan Foranda, Dani Raharjanto, Imam Nawawi, Akhsay Rismawanto dan kiper Ivan Febrianto tidak ikut latihan.

Eko lebih mengerucutkan skuat jelang laga lawan Persekap dengan pemain-pemain yang akan masuk line up. Terlihat di lini pertahanan Mahesa Jenar punya Fauzan Fajri, Anhar Latif, M. Tegar Pribadi, dan Rio Saputra. Sementara Fajar Setya dan Syaiful Amar akan bersaing meraih posisi sebagai penjaga gawang. (*)

Penulis: m alfi mahsun
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved