Yosep Parera Resmi Dilantik Sebagai Ketua Peradi Kota Semarang

Pengurus DPC Perhimpunan Advokat indonesia (Peradi) Kota Semarang telah resmi dilantik dan dikukuhkan di Ballroom Hotel Patrajasa, Semarang, Sabtu

Yosep Parera Resmi Dilantik Sebagai Ketua Peradi Kota Semarang
m zaenal arifin
Pengurus DPC Perhimpunan Advokat indonesia (Peradi) Kota Semarang telah resmi dilantik dan dikukuhkan di Ballroom Hotel Patrajasa, Semarang, Sabtu (8/10/2016) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengurus DPC Perhimpunan Advokat indonesia (Peradi) Kota Semarang telah resmi dilantik dan dikukuhkan di Ballroom Hotel Patrajasa, Semarang, Sabtu (8/10/2016) kemarin.

Pada pengukuhan dilakukan sekjen Dewan Pengurus Nasional (DPN) Peradi, Hasanudin Nasution, telah ditunjuk Theodorus Yosep Parera sebagai ketua Peradi Kota Semarang periode 2016-2021.

Usai pelantikan dan seminar yang digelar,
Hasanudin Nasution mengatakan bahwa Peradi Semarang dapat menjadi contoh untuk Peradi di seluruh Indonesia. Menurutnya, acara pelantikan Peradi Semarang ini mewah sekali. Dari itu, lanjutnya, mustinya muncul ide-ide besar yang lahir dari Semarang.

"Untuk itu, sangat perlu kita menjaga kode etik dalam menjalankan profesi sebagai advokat. Saya berharap advojat dapat menjadi bagian penting dalam semua penegakan hukum di Indonesia," katanya.

Hasanudin juga mengatakan bahwa advokat merupakan satu-satunya penegak hukum yang ada di belakang masyarakat pencari keadilan. Untuk itu memang harus terjalin sinergi yang baik antara advokat dengan advokat dan penegak hukum lainnya.

"Dari acara yang digelar juga terlihat adanya sinergi yang baik. Ada advokat, jaksa, polisi bahkan hakim Pengadilan Tinggi yang hadir," ungkapnya.

Ketua Peradi Kota Semarang, Theodorus Yosep Parera mengatakan, dulu banyak pandangan miring terhadap advokat. Namun, saat ini advokat telah mampu merubah diri menjadi lebih baik. Baginya, hal tersebut juga perlu peran serta masyarakat, pemerintah, dan aparat hukum lainnya untuk saling bersinergi.

"Kami telah menggelar kampanye di masyarakat supaya mencintai penegak hukum seperti polisi dan jaksa. Maka sudah sepatutnya penegak hukum juga mencintai kami," harapnya.

Usai acara, saat ditemui wartawan Yosep mengatakan rencananya untuk melakukan kegiatan bersama di seluruh Jawa Tengah. Hal tersebut, lanjutnya, untuk memberi pemahaman kepada masyarakat untuk berbuat adil kepada sesama.

"Kami juga ingin membantu pemerintah Kota Semarang untuk memberi masukan kepada masyarakat tentang bagaimana masyarakat harus berpartisipasi dalam membangun Semarang, Indonesia dalam mewujudkan keadilan bersama," imbuhya.

Yosep juga ingin menekankan kepada seluruh anggota Peradi Kota Semarang supaya dalam menjalankan profesi sebagai advokat musti menerapkan hukum dengan hati nurani dan akal sehat. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved