TribunJateng/

Menteri Khofifah Tantang Unissula Berperan Dalam Pengentasan Kemiskinan

Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa mengajak perguruan tinggi berbasis Islam berperan aktif dalam program pengentasan kemiskinan

Menteri Khofifah Tantang Unissula Berperan Dalam Pengentasan Kemiskinan
Tribun Jateng/khoirul muzaki
Mensos Khofifah Indarparawansa menandatangani prasasti Desa Sejahtera Mandiri, di aula Fakultas Kedokteran Unisula (28/10) 

Laporan Wartawan Tribub Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa mengajak perguruan tinggi berbasis Islam berperan aktif dalam program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah.

Isu kemiskinan merupakan pekerjaan rumah bukan hanya bagi pemerintah, namun juga seluruh elemen masyarakat, termasuk umat Islam.

"Pergantian tahun baru Hijriyah hendaknya menjadi momentum bagi umat Islam untuk berhijrah, atau berpindah dari yang buruk ke yang baik, dari miskin menuju sejahtera," katanya, Jumat (28/10/2016) di Kampus Unissula Semarang.

Islam, kata Khofifah, menyuruh umatnya untuk memerangi kemiskinan, serta berusaha membendung terhadap segala kemungkinan yang dapat menimbulkannya.

Memerangi kemiskinan, kata Khofifah, berarti menyelamatkan akidah Islam, keharmonisan hubungan sosial, serta ketentraman umat.

"Kefakiran itu sangat dekat dengan kekufuran. Memerangi kemiskinan berarti menyelamatkan akidah orang agar tidak menjadi kafir karena kefakirannya," sambung dia.

Khofifah mengapresiasi Unisula yang telah bekerja sama dengan Kemensos dalam upaya menyelesaikan problem sosial dan kemiskinan di masyarakat melalui program kemitraan Desa Sejahtera Mandiri.

Menurut Khofifah, kantong-kantong kemiskinan masih terpusat di pedesaan. Karena itu, perlu kerja sama lintas sektoral untuk penguatan desa, di antaranya melalui program pemberdayaan masyarakat di perguruan tinggi.

"Kita akan lihat, apakah Unisula bisa menghijrahkan desa yang semula belum mandiri menjadi desa yang sejahtera dan mandiri," ucap dia. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help