Damainya Jateng Berselawat di MAJT, Perwakilan Umat Buddha pun Hadir Bersama Ribuan Umat Muslim

Damainya Jateng Berselawat di MAJT, Perwakilan Umat Buddha pun Hadir Bersama Ribuan Umat Muslim, Senin (14/11/2016) malam

Damainya Jateng Berselawat di MAJT, Perwakilan Umat Buddha pun Hadir Bersama Ribuan Umat Muslim
tribunjateng/dok
Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ribuan orang memenuhi pelataran Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Kota Semarang, Senin (14/11/2016) malam. Mereka datang untuk mengikuti kegiatan "Jateng Berselawat" bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf.

Pantauan Tribunjateng.com, ribuan orang telah memenuhi pelataran masjid, dan karena saking banyaknya jemaah, mereka berjubel di kanan dan kiri pelataran.

Sementara saat acara telah dimulai, ribuan pengendara kendaraan bermotor masih mengantre untuk masuk komplek MAJT, hingga mengakibatkan jalan raya menuju arah masjid terjadi kemacetan parah.

jateng berselawat bersama habib syech_jemaah penuh
Ribuan jemaah memadati halaman Masjid Agung Jawa Tengah dalam acara Jateng Berselawat bersama Habib Syech, Senin malam, 14 November 2016.

Di atas panggung utama, terlihat hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, Ketua Dewan Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Noor Achmad, dan para pengurus MAJT lain, serta tokoh agama lainnya.

Menurut penuturan Ketua Dewan Pelaksana Pengelola MAJT, Noor Achmad, ada yang berbeda dalam pelaksanaan kegiatan Jateng Berselawat yang memang rutin digelar oleh Pemerintah Provinsi Jateng tiap dua sampai tiga bulan sekali ini.

Karena, kata Noor Achmad, pada kegiatan ini juga dihadiri tokoh dari agama lain. Yakni dari Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Jawa Tengah.

"Saat agama lain minta izin apakah boleh hadir (dalam acara ini), maka saya izinkan. Mereka bertanya lagi, apakah diizinkan nyumbang makanan dan minuman? Maka kami izinkan. Dan ternyata nyumbangnya cukup banyak semua yang hadir kebagian," kata Noor Achmad dalam sambutannya.

JATENG BERSELAWAT di MAJT
BERSELAWAT - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan dalam kegiatan Jateng Berselawat bersama habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, di pelataran MAJT, Gayamsari, Kota Semarang, Senin (14/11/2016).

Menurut mantan Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang itu, pesan yang terkandung dalam selawat adalah perdamaian. Maka, umat Islam di manapun berada adalah cinta damai dan menjadi simbol keselamatan.

"Pesan damai ini untuk semuanya. Nabi Muhammad SAW diutus untuk semua makhluk alam raya," ungkapnya.

JATENG BERSELAWAT DI MAJT 14 NOVEMBER
BERSELAWAT - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan dalam kegiatan Jateng Berselawat bersama habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, di pelataran MAJT, Gayamsari, Kota Semarang, Senin (14/11/2016).

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dalam penyampaian sambutan singkatnya, ia meminta pada ribuan orang yang hadir dari berbagai daerah di Jateng itu, untuk bersama-sama memerangi narkoba.

Selain itu, ia juga meminta agar antar sesama masyarakat Jateng tetap rukun, hindari kekerasan atas nama agama, serta mengajak para remaja hingga orangtua untuk mewaspadai gerakan radikalisme.

"Ayo jangan dekati narkoba, ayo sing rukun, ojo ngebom, kekerasan jangan sampai terjadi di Jateng," katanya.(*)

Penulis: m nur huda
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved