Gubernur Ganjar Ajak UKSW Lakukan Riset Aplikatif

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sambutan di Upacara Peringatan Dies Natalis ke 60 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Rabu (30/11/2016

Gubernur Ganjar Ajak UKSW Lakukan Riset Aplikatif
TRIBUNJATENG/DENI SETIAWAN
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sambutan dalam Upacara Dies Natalis ke 60 UKSW, Rabu (30/11/2016) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dalam sambutannya di Upacara Peringatan Dies Natalis ke 60 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Gedung Balairung Universitas (BU) UKSW, Rabu (30/11/2016), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak para perguruan tinggi, tidak terkecuali UKSW untuk dapat memulai dan terus melakukan riset-riset yang bersifat aplikatif.

“Maksud kami, perguruan tinggi yang terdiri dari para akademisi dengan segudang riset itu dapat berperan aktif mendukung pemerintah dalam menyelesaikan persoalan-persoalan selama ini. Misalnya di Jawa Tengah yang dirasa kehidupan birokrasi masih sangat lemah dan masih tingginya kesenjangan sosial kemasyarakatan. Untuk mengatasinya, kami butuh perguruan tinggi,” kata Ganjar dalam sambutannya.

Dia menyampaikan, apabila lebih dikonkretkan lagi, peran perguruan tinggi bagi masyarakat Jawa Tengah adalah melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Satu di antaranya optimal menggelar pengabdian masyarakat. UKSW bisa memberikan kontribusi, ketika ada riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan aplikatif, dapat melibatkan pemerintah dalam pengembangannya.

“Tidak hanya riset, kami di UKSW juga telah berupaya agar riset dapat bermanfaat bagi masyarakat. Satu di antaranya pun mengangkat riset untuk dikomersialkan. Oleh karena itu, melalui Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) UKSW, kami terus mendorong adanya berbagai penelitian para dosen dan mahasiswa untuk memperoleh pengakuan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat lebih luas lagi. Saat ini, total ada sekitar 15 hak paten dan 105 hak cipta atas hasil karya intelektual dosen UKSW,” jelasnya.

Hal lain, lanjutnya, pada Agustus 2016 lalu, UKSW juga berhasil masuk peringkat Kluster Mandiri Kinerja Riset Perguruan Tinggi. Hanya ada 25 perguruan tinggi se Indonesia yang masuk dalam kluster mandiri itu. Dan UKSW masuk ke dalamnya dari 6 perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia. Lagi-lagi, semua raihan itu pun berkat dukungan dari berbagai pihak, tak terkecuali masyarakat Salatiga dan pemerintah. (*)

Ikuti kami di
Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help