PMI dan Palang Merah Korea Bagikan Lampu LED Tenaga Surya, Begini Respons Warga

Kunjungan tim PMI Jateng, PMI Kota Semarang, dan Korean Red Cross ke Mangunharjo sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kampung nelayan.

PMI dan Palang Merah Korea Bagikan Lampu LED Tenaga Surya, Begini Respons Warga
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Anggota Palang Merah Korea membagikan lampu listrik tenaga surya di Mangunharjo, Kota Semarang, Rabu (30/11/2016). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jubaidah (56), warga Mangunharjo RT 2 RW 5 Kecamatan Tugu, Kota Semarang, senang mendapat bantuan lampu LED bertenaga matahari.

Lampu tersebut dibagikan tim PMI dan Korean Red Cross di lingkungannya, Rabu (30/11/2016).

Wanita berusia 50 tahun itu mengaku sangat terbantu karena mempunyai alat penerangan secara gratis.

"Biasanya saya menggunakan lampu lima watt untuk menerangi ruangan. Sekarang bisa menggunakan lampu yang lebih terang tanpa membayar listrik," ujar Jubaidah.

Kunjungan tim PMI Jateng, PMI Kota Semarang, dan Korean Red Cross ke Mangunharjosebagai bentuk kepedulian terhadap kampung nelayan.

Baca: Siswa Sekolah Ini Tanam Pohon Bersama Palang Merah Korea, Ada Games Diiringi K-Pop

Kaeksiningsih, Staf Program PMI Jateng, menuturkan kunjungan ini selain membuat persaudaraan juga bertujuan melihat keadaan lingkungan penduduk pesisir.

"Kami ke sini tak hanya membagikan lampu tenaga surya. Kami juga ingin melihat kondisi lingkungan warga pesisir karena PMI akan merencanakan program kerjasama dengan Korea menyangkut sanitasi dan pengadaan air bersih," ujar Kaeksiningsih.

Pada kunjungan pertama ini, timnya hanya membawa sekitar 20 lampu.

"Maskapai dari Korea tidak memperbolehkan anggota Korean Red Cross membawa banyak lampu-lampu ini. Jadi yang bisa dibawa hanya ini, mungkin selanjutnya lebih banyak," tutur dia.

Ketua RT 2 Suroto menyebut ada 57 kepala keluarga yang tinggal di lingkungannya dan total 200 jiwa.

"Warga saya sangat terbantu tapi sangat di sayangkan tak semua KK dapat bantuan lampu. Kami berharap selanjutnya semua warga mendapat lampu bertenaga matahari," ujar Suroto. (*)

Ikuti kami di
Penulis: budi susanto
Editor: abduh imanulhaq
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help