Unjuk Rasa

Ratusan Warga Banyumas akan ke Jakarta, Kapolres Imbau Silakan Demo di Daerah Saja

Ratusan Warga Banyumas akan ke Jakarta, Kapolres Imbau Silakan Demo di Daerah Saja

Ratusan Warga Banyumas akan ke Jakarta, Kapolres Imbau Silakan Demo di Daerah Saja
tribunjateng/dok
Ratusan Warga Banyumas akan ke Jakarta, Kapolres Banyumas AKBP Gidion Arif Setyawan Imbau Silakan Demo di Daerah Saja 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Polres Banyumas hingga saat ini belum menerima surat pemberitahuan resmi terkait rencana aksi 2 Desember dari organisasi atau kelompok masyarakat setempat.

Kendati demikian, Kapolres Banyumas AKBP Gidion Arif Setyawan telah memperoleh informasi, sejumlah elemen masyarakat akan menyelenggarakan aksi damai di Purwokerto.

"Belum ada pemberitahuan resmi, namun kami sudah berkomunikasi dengan mereka, dan infonya memang akan ada aksi di wilayah," katanya, Rabu (30/11).

Polres pun telah mengantisipasi aksi yang akan terkonsentrasi di tengah kota tersebut. Polres, kata Gidion, bakal mengawal pelaksanaan aksi itu agar tak sampai terjadi gangguan keamanan.

Selain rencana aksi di wilayah, Gidion juga telah mencium kabar akan ada pemberangkatan ratusan warga Banyumas ke Jakarta untuk bergabung dalam aksi 212 di sana.

Terkait itu, Gidion mengaku tak dapat melarang mereka agar tak berangkat ke Jakarta.
"Kami mengimbau agar mereka mau aksi di wilayah saja dan kami akan mengawal. Toh sama saja aksi," ujarnya

Sementara itu, Komandan Kodim 0701/ Banyumas Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana mengatakan, dalam mengantisipasi aksi 212, pihaknya lebih mengedepankan upaya persuasif atau pendekatan terhadap para tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar dan masyarakat secara luas. TNI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI dan menghilangkan potensi ancaman.

"Kami gencar melakukan penyuluhan, terutama kepada generasi muda agar menjaga kebinnekaan Indonesia," katanya

TNI, kata Dandim, juga siap mengawal pelaksanaan aksi damai di Kabupaten Banyumas untuk menjamin keamanan wilayah. Pihaknya akan menerjunkan dua sampai tiga peleton untuk membantu pengamanan Polres dalam menjaga kondusivitas selama aksi.

"Tugas kita memang soal keamanan dan ketertiban. Kami akan kawal jika ada aksi agar keamanan wilayah tetap terjaga," ujarnya. (*)

Ikuti kami di
Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help