Destinasi Jateng

Ini Dia Uluwatu Versi Semarang, Kera di Sini Konon Dapat Tugas Khusus dari Sunan Kalijaga

Jika Bali punya Uluwatu, Semarang ada Goa Kreo. Dua tempat wisata ini sama-sama memiliki kera-kera yang bebas berkeliaran

Ini Dia Uluwatu Versi Semarang, Kera di Sini Konon Dapat Tugas Khusus dari Sunan Kalijaga
Tribun Jateng/Shela Kusumaningtyas
Kera-kera yang bebas berkelian di Goa Kreo. 

TRIBUNJATENG.COM - Jika Bali punya Uluwatu, Semarang ada Goa Kreo. Dua tempat wisata ini sama-sama memiliki kera-kera yang bebas berkeliaran.

Di Goa Kreo yang berlokasi di Desa Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Kera-kera yang berlarian ke sana ke mari menjadi salah satu obyek yang disukai pengunjung.

Dikatakan Kasubag Informasi UPTD Goa Kreo, Danu Kasno, kera yang hidup di kawasan Goa Kreo berjenis kera hitam ekor panjang.

Pengunjung melihat sejarah Goa Kreo
Pengunjung melihat sejarah Goa Kreo

Terdapat tiga kelompok kera yang mendiami kawasan Goa Kreo. Kelompok pertama terdiri dari 150-200 ekor kera yang hidup di dalam Goa Kreo.

Kelompok kedua yakni 100 ekor kera yang tinggal di sekitar tempat parkir Goa Kreo. Kelompok ketiga berjumlah 50-70 ekor kera yang bermukim di pingir waduk.

Kera yang mendiami kawasan pinggir waduk disebut kerap merusak tanaman warga.

“Kera-kera ini mungkin saja hasil perkawinan silang keempat kera. Ada kera kuning kehitaman. Ada pula yang kuning kemerahan,” beber Kasno.

Kasno mengungkapkan, kera yang berseliweran di kawasan Goa Kreo konon merupakan empat jenis kera yang ditugasi Sunan Kalijaga untuk menjaga sungai dan goa yakni kera merah, putih, hitam, dan kuning.

Kasno kerap mendengar pengakuan dari pengunjung yang masih melihat kera dengan warna tersebut.

Pengunjung diminta berhati-hati ketika berada di kawasan Goa Kreo. Para kera kerap merampas barang bawaan pengunjung. Warna-warna yang mencolok menarik para kera untuk mengambil barang yang ditenteng pengunjung.

Halaman
12
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved