TribunJateng/

KASUS NARKOBA

MENGEJUTKAN, Hasil Tes Urine di Salatiga Ada 6 Perempuan PNS Positif Narkoba

MENGEJUTKAN, Hasil Tes Urine di Salatiga Ada 6 Perempuan PNS dan dua pria PNS Positif Narkoba

MENGEJUTKAN, Hasil Tes Urine di Salatiga Ada 6 Perempuan PNS Positif Narkoba
tribunjateng/dok
MENGEJUTKAN, Hasil Tes Urine di Salatiga Ada 6 Perempuan PNS Positif Narkoba

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Delapan orang oknum PNS di Lingkungan Pemkot Salatiga diduga terindikasi aktif mengonsumsi narkoba atau zat adiktif. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Badan Narkotika Kota (BNK) Salatiga Wahyudi Sumanto dalam keterangan tertulisnya.

Dari data yang diterima Tribun Jateng, Selasa (6/12/2016) sore, delapan orang yang dimaksud itu merupakan pegawai yang selama ini bertugas di dua kecamatan di Kota Salatiga, yakni di lingkungan Kecamatan Sidorejo dan Tingkir. Indikasi tersebut diperoleh pasca pelaksanaan tes urine terhadap ribuan pegawai di Lingkungan Pemkot Salatiga.

“Sebenarnya tes urine yang kami laksanakan selama dua hari ini atau sejak Senin (5/12/2016) ini silent, mendadak, dan wajib diikuti oleh seluruh PNS tanpa terkecuali. Dalam tes itu, kami melibatkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga,” kata Wahyudi kepada Tribun Jateng, Selasa (6/12/2016).

Meskipun demikian, pihaknya enggan menjabarkan nama-nama pegawai yang dimaksud itu. Secara pasti, mereka yang terindikasi menggunakan narkoba adalah enam pegawai perempuan dan dua pegawai pria. Masing-masing empat pegawai di kedua lingkungan kecamatan tersebut. Untuk langkah selanjutnya, pihaknya akan segera melaksanakan asesmen atau pemeriksaan lebih lanjut secara intensif.

“Asesmen itu harus kami laksanakan demi kepastian kebenarannya. Karenanya kami sampaikan itu baru dugaan terindikasi. Kepastiannya menanti hasil dari asesmen. Ada enam indikator yang akan kami gunakan dalam asesmen tersebut. Prinsip, untuk memastikan kandungan apakah yang terdapat dalam urine, kami harus lakukan itu sebagai tindak lanjutnya,” tegasnya.

Pria yang menjabat sebagai Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Kota Salatiga itu secara tegas juga menyampaikan, apabila seluruh pegawai tersebut terbukti atau positif menggunakan narkoba, akan segera disampaikan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Salatiga. Adapun sanksi yang bakal dijatuhkan kepada mereka setidaknya adalah penundaan pangkat hingga pemecatan.

“Tes narkoba ini sebagai bagian upaya konkret serta komitmen pemerintah daerah dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, khususnya kepada para pegawai di Lingkungan Pemkot Salatiga. Tes tersebut pun akan rutin sesuai kebutuhan ke depannya. Tentunya dilaksanakan sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, serta wajib diikuti seluruh pegawai, termasuk saya sendiri,” ucapnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help